Kendrick Lamar rapper pertama yang menangi Pulitzer

Kendrick Lamar rapper pertama yang menangi Pulitzer

Kendrick Lamar (Reuters)

Los Angeles (ANTARA News) - Rapper California Kendrick Lamar pada Senin menjadi rapper pertama yang memenangi hadiah Pulitzer untuk musik, salah satu penghargaan paling bergengsi di Amerika Serikat. 

Dikutip dari Reuters, Selasa, Lamar (30), memenangi Pulitzer untuk albumnya pada 2017 yang berjudul "DAMN." dan juga menjadi pemusik pertama dari luar musik klasik atau jazz yang menang dalam 100 tahun sejarah Pulitzers hingga saat ini. 

Rap secara resmi mengungguli rock pada 2017 sebagai genre musik terbesar di Amerika Serikat. 

Penggabungan jazz, puisi, dan blues dengan tema-tema sosial dan lagu-lagu cinta yang dilakukan Lamar telah membuatnya menjadi salah satu rapper paling inovatif dari generasinya.

Dewan Pulitzer pada Senin memuji "DAMN.," Yang dirilis pada April 2017, sebagai "koleksi lagu virtuoso yang disatukan oleh keaslian vernakular dan dinamisme ritmik yang menawarkan sketsa berpengaruh yang menangkap kompleksitas kehidupan Afrika-Amerika modern."

Pemenang musik Pulitzer sebelumnya termasuk musisi jazz Wynton Marsalis dan Ornette Coleman.

"DAMN.," yang merupakan album keempat Lamar mengandung unsur agama, cinta, perjuangan pribadi dan politik rasial. Ini menduduki puncak tangga album Billboard 200 selama tiga minggu pada rilis tahun lalu dan membawa Lamar meraih lima kemenangan pada Grammy Awards di New York pada Januari.

Tapi album tersebut gagal memenangi Grammy untuk kategori -album tahun ini-  dalam apa yang dilihat sebagai penghinaan oleh para pemilih (voters) di industri musik untuk genre rap meskipun popularitasnya meningkat.

Hanya dua album hip-hop yang pernah memenangi Grammy untuk album tahun ini: Lauryn Hill "The Miseducation of Lauryn Hill" pada tahun 1999 dan Outkast "Speakerboxxx / The Love Below" pada tahun 2004.

Lamar lahir dan dibesarkan di pinggiran kota Los Angeles, Compton, yang merupakan rumah dari perintis hip-hop NWA, dan mulai menggarap musik saat berusia 16 tahun.

Dia juga menghasilkan soundtrack untuk film hit box-office superhero 2018 "Black Panther," dan melakukan lead single "Pray For Me" dengan The Weeknd.

Baca juga: Bruno Mars dan Kendrick Lamar kantongi tiga penghargaan Grammy
Baca juga: Rihanna dan Lamar menangkan penampilan rap terbaik Grammy

Penerjemah: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar