counter

Fakta prestasi Kendrick Lamar, penyabet Pulitzer tahun ini

Fakta prestasi Kendrick Lamar, penyabet Pulitzer tahun ini

Kendrick Lamar (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Kendrick Lamar Dukworth menjadi rapper pertama yang menyabet penghargaan Pulitzer untuk musik. Sebenarnya bukan hanya kali ini dia memenangi penghargaan bergengsi seperti ini.   

Rapper kelahiran California 31 tahun lalu itu menggebrak perhelatan Grammy Awards 2018 dengan memenangi tiga penghargaan untuk kategori lagu rap, penampilan dan video musik terbaik melalui "Humble".

Pada 2012 lalu, album miliknya, "Good Kid, M.A.A.D City" bertengger di posisi kedua tangga album Billboard 200 dan peringkat pertama pada tangga album R&B/Hip-Hop Billboard. 

Album Lamar "Good Kid, M.A.A.D City" pada tahun 2013 mendapatkan penghargaan di Grammy untuk kategori artis dan album terbaik. 

Dia memenangkan kategori penampilan rap terbaik kali pertama di Grammy pada 2014, diikuti penghargaan lagu rap terbaik untuk "I" pada 2014. 

Setidaknya, Lamar sudah meraih tujuh kali kemenangan dan masuk dalam 29 nominasi di Grammy.  

Fakta lain, Lamar ternyata menempuh pendidikan di Cettenial Highp School di Compton, California, sekolah yang sama dengan Dr. Dre. 

Setelah lulus dari sana, dia pernah memberikan donasi untuk sekolahnya itu, demi mendukung kegiatan ekstrakulikuler, musik dan program luar sekolah di sana. 

Lamar mulai menggarap musik saat berusia 16 tahun. Dia juga menghasilkan soundtrack untuk film hit box-office superhero 2018 "Black Panther," dan melakukan lead single "Pray For Me" dengan The Weeknd.


Baca juga: Kendrick Lamar rapper pertama yang menangi Pulitzer
Baca juga: Daftar lengkap pemenang Pulitzer Prize 2018

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar