Tes terakhir ada di Kejuaraan Asia. Turnamen ini jadi patokan akhir, bukan penentu ya, beda lho
Jakarta (ANTARA News) - Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2018, yang akan berlangsung di Wuhan, China pada 24-29 April 2018, akan menjadi ajang penilaian bagi tim ganda putra oleh kepala pelatih Herry Iman Pierngadi, terkait persiapan menuju Piala Thomas 2018.

Indonesia mempunyai empat wakil ganda putra di Kejuaraan Asia 2018 yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Angga Pratama/Rian Agung Saputro dan Berry Angriawan/Hardianto.

"Tes terakhir ada di Kejuaraan Asia. Turnamen ini jadi patokan akhir, bukan penentu ya, beda lho. Kalau penentu itu pasti, artinya siapa yang terbaik di Kejuaraan Asia itu pasti masuk tim, kalau patokan ya kita lihat lagi. Penilaian ini sudah berjalan dari awal tahun, pada turnamen di Malaysia, Indonesia, India, Jerman, Inggris dan Asia Team Championships di Malaysia," kata Herry dalam keterangan PBSI yang diterima di Jakarta, Selasa.

Di Kejuaraan Asia, tim Indonesia mengirimkan skuat terbaik, minus pasangan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang absen karena Marcus baru saja melangsungkan pernikahan pada 14 April lalu.

Untuk Piala Thomas, tim Indonesia tengah mempersiapkan pasangan senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang bermain cukup apik dalam Kejuaraan Beregu Asia beberapa waktu lalu.

"Karena dalam event beregu, pengalaman mereka sebagai senior memang penting untuk tim," tutur Herry.

Satu slot ganda putra sudah hampir pasti diamankan pasangan Marcus/Kevin. Setelah beberapa kali absen latihan demi mempersiapkan hari pernikahannya, Marcus akan kembali latihan pada pekan depan.

Meskipun demikian, absennya Marcus dipandang Herry bukanlah suatu masalah bagi pasangan yang dinobatkan sebagai pemain putra terbaik tahun 2017 oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

"Mau diuji bagaimana lagi? ha ha ha, ya tinggal dijaga saja kondisinya, mereka sudah membuktikan penampilan di beberapa turnamen. Mungkin setelah married mainnya lebih terbang-terbang, karena kan happy sudah menikah, ini bisa saja," tutur Herry.

"Pekan depan Marcus sudah balik latihan kok. Saya kasih waktu satu minggu, dia mau bulan madu dulu ke Labuan Bajo. Kalau Kevin tetap latihan terus seperti biasa," ucapnya.

Di Kejuaraan Asia 2018, tim Indonesia akan diwakili oleh beberapa pemain top dunia seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan lainnya.

Baca juga: Marcus-Kevin diprediksi tetap jadi andalan Indonesia hadapi Piala Thomas
Baca juga: Christian: peluang Indonesia di Piala Thomas terbuka lebar

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018