Surabaya (ANTARA News) - Evakuasi mobil dump truck yang tercebur ke sungai akibat ambruknya Jembatan Widang, di perbatasan Kabupaten Lamongan - Tuban, Jawa Timur, terkendala alat berat "crane", kata petugas Badan SAR Nasional (Basarnas).

Petugas Basarnas Surabaya Andi Pamuji melalui pesan WhatsApp kepada wartawan di Surabaya, Selasa malam, menginfromasikan evakuasi untuk sementara dihentikan malam ini dan akan dilanjutkan kembali besok.

"Barusan dilakukan rapat evaluasi bersama Kepolisian Resor setempat dan instansi terkait lainnya yang menyepakati sementara evakuasi malam ini dihentikan dan akan dilanjutkan kembali besok," katanya.

Jembatan Widang di perbatasan Kabupaten Lamongan - Tuban ambrol pada sekitar pukul 11.00 WIB tadi pagi, mengakibatkan sebuah mobil dump truck, serta dua unit truk tronton, dan sebuah sepeda motor terjebur ke sungai.

Sejauh ini petugas Basarnas telah berhasil mengevakuasi tujuh orang korban, seorang di antaranya dinyatakan telah meninggal dunia.

"Seorang korban lainnya mengalami luka berat telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Lamongan. Serta lima korban dalam kondisi luka ringan dibawa ke Puskesmas Widang, Kecamatan Babat, Lamongan," ujarnya.

Selain itu petugas Basarnas juga berhasil mengevakuasi dua truk tronton serta satu unit sepeda motor yang terjebur ke sungai, sehingga tinggal satu unit dump truck yang hingga malam ini belum dievakuasi.

Menurut Andi, evakuasi dump truck sangat penting untuk memastikan tidak ada korban lainnya.

"Evakuasi dump truck terkendala alat berat crane. Kami membawa crane dengan daya angkat 25 ton tapi tampaknya tidak mampu untuk mengangkat dump truck dari dasar sungai," katanya.

Untuk itu, dia memastikan Basarnas saat ini sedang mengupayakan mendatangkan crane dengan daya angkat yang lebih berat lagi ke lokasi sehingga besok diharapkan mampu mengevakuasi dump truck dari dasar sungai.

Baca juga: PUPR duga ambrolnya Jembatan Widang Lamongan karena beban berlebih

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018