Jakarta (ANTARA News) - Oppo baru saja meluncurkan Oppo F7 yang mengunggulkan fitur Kecerdasan Buatan (AI).

Sebelumnya, pada akhir bulan lalu, Vivo juga telah meluncurkan Vivo V9 dengan menanamkan teknologi serupa pada kamera selfie-nya.

Oppo nampaknya enggan berkomentar tentang hal ini.

"Kita sih enggak ngomong tentang kompetitor, tapi kalau kita itu sangat percaya dengan Oppo F7 sendiri," kata Alinna Wenxin, Marketing Director Oppo Indonesia, kepada Antaranews, usai peluncuran F7, di Jakarta, Selasa (17/4).

Alinna menekankan tekad Oppo untuk selalu menjadi yang terdepan. "Kita akan selalu fokus ke selfie dan akan selalu menggunakan teknologi terbaru ke selfie dan selalu akan jadi leader," ujar dia.

Mengusung fitur AI Beauty pada F5, Oppo mengatakan telah membenamkan teknologi dan solusi baru pada F9 dengan hadirnya AI Beauty 2.0, yang kini memiliki kemampuan machine learning, sehingga dapat mempelajari preferensi pengguna dalam menggunakan efek percantik.

"Kali ini kita mau selfie itu bisa menjadi lebih pintar, lebih memudahkan, kita bisa langsung edit setelah foto, enggak perlu ada aplikasi yang lain," jelas Alinna.

"Setelah beberapa kali kita edit foto itu lain kali handphone nya akan kenal sendiri, dia tahu kebiasan kita itu kayak apa," lanjut dia.

Kemampuan seperti ini sebenarnya juga telah dimiliki Vivo dalam fitur AI Face Beauty.

Baca juga: Ini kata Oppo soal desain "notch" dan TKDN Oppo F7

Sementara itu, beralih ke kamera belakang, Oppo hanya membekali F7 dengan satu kamera dengan resolusi 16MP, sedangkan Vivo melengkapi V9 dengan kamera ganda dengan konfigurasi 13MP+2MP.

Disinggung mengenai hal ini, PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto Aji menjelaskan alasan mengapa Oppo tidak memasang kamera ganda pada F7.

"Tren yang beredar sekarang adalah dual camera, tapi kita tidak following the trend tapi create the trend. bagaimana caranya dengan satu kamera dengan AI bisa lebih menarik lebih menawarkan yang lebih dari dual camera," kata Aryo.

"Dual camera sudah dari pertengahan tahun yang lalu, tetapi single camera dengan AI itu saya rasa hal yang baru, dan itu yang sedang kita tawarkan ke konsumen untuk mencoba bagaimana sih AI digunakan di kamera," tambah dia.

Baca juga: Menjajal kamera selfie Oppo F7 dengan AI

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018