Beijing (ANTARA News) - China menjaring atlet renang untuk dikirimkan ke Asian Games 2018 di Indonesia melalui kejuaraan nasional yang digelar sejak pekan lalu di Taiyuan, Provinsi Shanxi.

Para pemenang kejuaraan ini secara otomatis akan masuk tim nasional China untuk Asian Games, demikian laporan sejumlah media resmi setempat yang dihimpun Antara di Beijing, Rabu.

Kejuaraan yang digelar mulai Jumat (13/4) di Shanxi Sports Center Natatorium itu diikuti oleh 469 atlet untuk bertanding di 34 nomor perorangan dan tujuh nomor estafet.

Peraih medali emas gaya bebas putra 200 meter dan medali perak 400 meter gaya bebas putra Olimpiade Rio, Sun Yang, turut ambil bagian dalam perebutan tiket menuju Asian Games itu.

Di kejurnas tersebut, Sun yang berlomba untuk kontingen Provinsi Zhejiang memenangi nomor gaya bebas di perlintasan 200 meter dengan catatan waktu 1 menit 46,07 detik.

Ji Xinjie dari Provinsi Shandong berada di belakang Sun dengan selisih waktu 0,73 detik. Sementara Wang Shun, rekan setim Sun, harus puas di finis urutan ketiga dengan catatan waktu 1 menit 47,21 detik.

Sun juga tidak terbendung di nomor 400 meter gaya bebas dengan catatan waktu 3 menit 44,29 detik dibuntuti Ji dan Wan. Medali emas ketiga Sun diraih dari nomor 800 meter gaya bebas putra.

"Saya baru saja menyelesaikan program latihan dua bulan dan saya optimistis bisa meraih prestasi terbaik lagi," ujarnya dikutip Xinhua.

Mantan juara dunia Fu Yuanhui juga meraih medali emas di nomor 50 meter gaya punggung putri dalam kejurnas tersebut dengan catatan waktu 27,16 detik atau selisih 0,1 detik dari catatan rekor dunia.

Pada hari pertama kejurnas, Jumat (13/4), peraih medali perunggu di nomor 100 meter gaya punggung Olimpiade 2016 itu gagal mencatat prestasi di nomor 200 meter gaya punggung putri.

"Saya pikir saya tidak akan berdiri di podium itu sejak saya gagal menunjukkan performa terbaik sebelumnya. Namun keberhasilan dan dukungan suporter mampu meningkatkan kepercyaan diri saya. Saya akan memperbaiki kelemahan karena saya harus `fight` di Asian Games pada Agustus mendatang," ujar Fu sebagaimana dikutip China Daily.

Manajer timnas renang China Cheng Hao mengatakan bahwa kejurnas tersebut menjadi tolok ukur utama menghadapi dua rivalnya di Asian Games, yakni Jepang dan Korea Selatan.

Ia puas melihat pencapaian Sun setelah 40 hari menjalani program latihan di Sydney, Australia, di bawah pengawasan pelatih renang gaya bebas Dennis Cotterel.

"Latihan dia di luar negeri sangat bagus dan dia bisa menunjukkan performa terbaiknya pada kejuaraan kali ini," kata Cheng.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018