Yogyakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama Republik Indonesia akan membantu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menghadirkan Presiden Joko Widodo, di Kota Palu.

Presiden Jokowi dihadirkan untuk menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XVIII tahun 2018, yang diselenggarakan pada 17 - 21 September 2018.

"Presiden kita upayakan hadirkan pada tanggal 18 September 2018, untuk membuka AICIS di Kota Palu," ungkap Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Prof Arskal Salim, di Yogyakarta, Kamis malam.

Arskal menilai sangat memungkinkan panitia AICIS dan Kementerian Agama untuk menghadirkan Presiden Jokowi. Salah satu pertimbangan karena Jokowi belum pernah hadir dan membuka AICIS.

Karena itu, ia meminta agar IAIN Palu sebagai tuan rumah untuk segera menyusun konsep surat dimasukkan kepada Kementerian Agama terkait dengan rencana menghadirkan Jokowi di AICIS.

"Silahkan menyurat ke Pak Dirjend terkait rencana tersebut. Selanjutnya nanti Pak Dirjen akan memohon kepada Menteri Agama Lukman Hakim lewat surat, dan kemudian Menteri Agama yang akan memohon kepada Presiden Jokowi," terangnya.

Dia menyatakan selain upaya untuk menghadirkan Presiden Jokowi, IAIN Palu perlu merampungkan dan menyiapkan segala bentuk persiapan teknis untuk menyukseskan AICIS di Palu.

Terkait hal itu Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi M.Pd menyatakan bahwa panitia lokal dan secara kelembagaan telah menyiapkan konsep surat terkait rencana menghadirkan Presiden Jokowi di Palu.

"AICIS akan direncanakan di buka oleh Presiden Jokowi, yang saat ini administrasi dan persiapan menghadirkan presiden telah disampaikan kepada Kementerian Agama. Untuk ditindak lanjuti oleh Kemenag," kata Prof Sagaf.

Ia menguraikan saat ini persiapan teknis untuk pelaksanaan AICIS XVIII telah mulai disiapkan oleh IAIN Palu lewat panitia lokal yang telah terbentuk sejak beberapa bulan kemarin.

Persiapan teknis itu mulai dari antara lain operasional penjemputan tamu yang akan hadir, konsumsi, ceremonial pembukaan, gedung dan ruangan yang digunakan untuk discussion yang terbagi dalam beberapa bentuk yang diikuti peserta seperti format panel diskusi.

"Persiapan-persiapan teknis ini telah disiapkan yang juga melibatkan steering committe dari pusat, serta tim teknis dari Kementerian Agama. Termasuk IAIN Palu telah membangun kerjasama dengan Pemkot Palu dan Pemprov Sulteng sekaitan dengan AICIS 2018," ujarnya.

AICIS merupakan salah satu kegiatan berskala nasional dan internasional dibawah naungan Kementerian Agama yang pelaksanaannya melibatkan berbegai perguruan tinggi keagamaan Islam negeri se-Indonesia, pakar dan ahli dari perguruan tinggi luar negeri.

Panitia lokal dan panitia pusat serta steering commite menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan AICIS 2018 di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogyakarta, 19-21 April, untuk merampungkan beberapa agenda pelaksanaan AICIS.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018