London (ANTARA News) - Gelandang Manchester United (MU) Michael Carrick mengungkapkan dia mengakhiri karier internasionalnya lebih cepat karena bermain bersama Inggris membuatnya "tertekan".

Meski memenangi 18 trofi dalam 12 tahun berkarier di MU, termasuk lima gelar Liga Premier Inggris dan Liga Champions pada 2008, Carrick sering diabaikan di tingkat internasional.

Dia sudah 34 kali membela Inggris selama 14 tahun antara 2001 hingga 2015, tetapi hanya bermain satu pertandingan di turnamen besar dan mengatakan pengalamannya di Piala Dunia Afrika Selatan tahun 2010 meninggalkan efek negatif yang abadi.

"Saya merasa sulit bermain dengan Inggris. Saya tidak keberatan pergi dengan United dalam pra-musim selama tiga pekan atau kemana saja, tetapi pergi bermain dengan Inggris membuat saya tertekan, membuat saya benar-benar tertekan," kata Carrick kepada BBC's Premier League Show. 

"Sampai pada satu titik setelah Afrika Selatan, saya pikir saya tidak bisa melakukannya lagi. Orang-orang akan mengatakan 'kuatkan dirimu dan bersyukur lah untuk itu'."

"Saya mengerti posisi istimewa saya waktu itu, tapi saya merasa begitu sulit dan saya tidak bisa menghadapinya lagi. Saya sangat tertekan saat itu, saya mengatakan kepada FA tolong jangan pilih saya."

Carrick (36) telah mengisyaratkan niatnya untuk gantung sepatu pada akhir musim dan diperkirakan bergabung dengan staf pelatih Jose Mourinho di Old Trafford menurut siaran kantor berita AFP.(hs)

Baca juga: Michael Carrick pastikan gantung sepatu akhir musim ini
 

Penerjemah: Fitri Supratiwi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018