Natalie Portman tolak acara di Israel karena tak suka penindasan di Gaza

Natalie Portman tolak acara di Israel karena tak suka penindasan di Gaza

Aktris dan sutradara Natalie Portman (Reuters)

Yerusalem (ANTARA News) - Aktris Hollywood Natalie Portman menolak menghadiri sebuah seremoni di Israel untuk menerima hadiah jutaan dolar AS karena terganggu oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi belakangan ini di Israel, yakni tindakan Israel kepada Palestina di Gaza.

Pernyataan Portman itu diumumkan penyelenggara acara seperti dikutip Reuters.

Israel dikritik dunia karena menggunakan taktik brutal dalam bentrok dengan warga Palestina di sepanjang perbatasan Gaza.

Tiga puluh satu warga Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka. Israel berkilah bahwa mereka wajib menjaga perbatasannya.

Dalam pernyataan pada lamannya, yayasan penyelenggara anugerah Genesis Prize mengutipkan kalimat penolakan Portman berikut:

"Berbagai peristiwa belakangan ini di Israel telah mempersulit dia dan dia tidak merasa nyaman turut serta dalam setiap acara publik di Israel."

Pihak Portman sendiri tidak menjawab pertanyaan Reuters mengenai kabar ini.

Genesis Prize dianugerahkan sejak 2014 kepada tokoh yang berkiprah luar biasa dalam profesinya dan menginspirasi nilai-nilai Yahudi.

Pemenang sebelumnya adalah Wali Kota  New York Michael Bloomberg, pematung Anish Kapoor, pemain biola Itzhak Perlman dan aktor Hollywood Michael Douglas.

Portman lahir di Yerusalem dan pindah ke AS pada usia tiga tahun.

 

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar