London (ANTARA News) - Manajer Arsenal  Arsene Wenger hengkang akhir musim ini setelah hampir 22 tahun berkiprah di klub yang telah membuatnya menjadi bos Arsenal paling sukses.

"Setelah pertimbangan yang saksama dan menyusul pembicaraan dengan klub, saya merasa ini waktu yang tepat bagi saya untu mundur akhir musim ini," kata pelatih asal Prancis itu dalam pernyataan yang disiarkan The Gunners, hari ini.

Wenger (68) sudah melatih klub London Utara itu sejak Oktober 1996 dan hingga sekarang menjadi manajer aktif yang paling lama melatih di Inggris.

Dia akan habis kontrak akhir musim ini.

Arsenal saat ini menempati peringkat enam dalam klasemen liga, tetapi berada pada semifinal Liga Europa yang menjadi pintu satu-satunya dalam mencapai Liga Champions musim depan.

"Saya bahagia mendapatkan keistimewaan berkarya untuk klub ini selama bertahun-tahun penuh kenangan. Saya melatih klub ini dengan komitmen penuh dan integritas," kata Wenger yang meminta penggemarnya tetap berada di belakang tim sampai akhir musim ini.

Pemilik saham mayoritas Arsenal Stan Kroenke menyebut hal ini sebagai "salah satu hari hari paling sulit yang kita hadapi selama bertahun-tahun di olah raga ini.  Satu dari alasan utama kita terlibat dengan Arsenal karena apa yang sudah dibawa Arsene ke klub ini dan di luar lapangan."

"Bakti lama dan konsistensinya selama priode sinambung pada level pertandingan tertinggi tidak akan pernah tersaingi."

Wenger sudah tiga kali menjuarai Liga Premier, termasuk sekali tidak terkalahkan dalam satu musim, tujuh Piala FA dan membawa Arsenal ke Liga Champions dalam 20 tahun berturut-turut.  Mereka menjuarai liga dan Piala FA secara bersamaan pada 1998 dan 2002.

Arsenal menyatakan penggantinya akan segera ditunjuk. Pelatih asal Jerman Thomas Tuchel yang satu tahun lalu hengkang dari Borussia Dortmund, menjadi favorit terkuat pengganti Wenger.



 

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018