Jakarta (ANTARA News) - Tim tenis putri Indonesia dipastikan melaju ke babak dunia Piala Fed Junior yang akan berlangsung di Budapest, Hungaria, September 2018, usai bisa menjadi satu dari empat tim terbaik di zona Asia/Oseania atau semifinalis.

Berdasarkan data yang dihimpun Antara di Jakarta, Jumat, tim Indonesia berhasil memastikan diri ke babak dunia, dengan menumbangkan Thailand 2-1 dalam laga "playoff" yang berlangsung pada Kamis (19/4) dan Jumat ini karena pertandingan sempat terhenti diakibatkan hujan deras mengguyur lapangan tenis Serawak Lawn Tennis Association, Kuching, Malaysia.

Dalam pertandingan playoff tersebut, tim Indonesia mampu mengamankan partai pertama lewat tunggal keduanya, Janice Tjen, dengan menumbangkan Supapitch Kuearum melalui laga straight set 6-3, 6-3 dlm waktu satu jam 35 menit.

Namun Priska Madelyn Nugroho yang turun di partai kedua, harus mengakui keunggulan Mai Nappat Nirundorn dalam laga rubber set 2-6, 6-3, 2-6 yang berdurasi dua jam 40 menit.

Indonesia memastikan kemenangan dalam laga ini, pada partai tunda nomor ganda yang dihelat Jumat. Pasangan Priska/Janice mampu mengamankan poin usai menundukan Kuearum/Nirundorn dua set langsung 7-5, 6-0 selama satu jam 12 menit.

"Mulanya sempat tegang di set pertama, tapi begitu bisa ambil kami bermain lebih berani," kata Janice dalam pesan singkat yang diterima dari humas Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti).

Dengan hasil ini, Indonesia akan mewakili zona Asia/Oseania di babak dunia Piala Fed Junior 2018 di Hungaria, bersama Jepang, Australia dan Hong Kong.

Terakhir kali Indonesia mencicipi babak dunia sembilan tahun lalu, pada 2009. Saat itu, Indonesia mewakili zona Asia/Oseania bersama tuan rumah Australia, Jepang serta China berlaga di Luis St Potosi, Meksiko, dan finis di posisi ke-9.

Saat berita ini ditulis, Indonesia tengah berjuang menjadi kampiun zona Asia/Oseania dan tengah unggul atas Hong Kong 1-0 lewat kemenangan Janice Tjen atas Sheena Jade Masuda Karrasch 6-4, 6-3.

Baca juga: Tenis - Indonesia lolos ke Grup I Piala Fed

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018