Jakarta (ANTARA News) - Tim putri Indonesia berhasil melaju ke fase kualifikasi Piala Fed Junior zona Asia/Oseania 2018, setelah berhasil melalui laga semifinal kualifikasi yang berlangsung di Kuching, Malaysia, Jumat.

Berdasarkan data yang diterima Antara di Jakarta, tim putri Indonesia yang menempati posisi unggulan kelima, mampu menumbangkan unggulan kedua, Hong Kong, dengan skor 2-0.

Petenis tunggal kedua Indonesia yang tampil pada partai pembuka, Janice Tjen, menang atas Sheena Jade Masuda Karrasch. Peringkat junior ke-213 dunia itu unggul straight set, 6-4 6-3.

Di partai kedua, Priska Madelyn Nugroho memastikan kemenangan Indonesia atas Hong Kong usai menggulung Hoi Ki Jenny Wong dengan skor 6-3, 6-3.

"Lawan Hong Kong terasa mudah karena mereka tampil tanpa petenis nomor satunya yang cedera setelah laga alot di perempat final. Jadi saya lawan pemain kedua dan Janice ketemu urutan ketiga," kata Priska dalam keterangan Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti).

Akan tetapi, meskipun menderita kekalahan, Hong Kong tetap berhak melaju ke babak dunia Piala Fed Junior menemani Indonesia, Jepang dan Australia.

Indonesia yang sukses melangkah ke partai puncak, akan meladeni unggulan keenam, Australia, yang secara mengejutkan mampu menyingkirkan tim Jepang di semifinal.

Dari hitungan di atas kertas, dalam partai final yang akan dilangsungkan pada Sabtu (21/4) itu, Indonesia memiliki materi lebih baik dibandingkan tim Negeri Kanguru.

Tunggal utama Merah Putih, Priska Madelyn Nugroho bertengger di peringkat ke-165 dunia, jauh di atas ujung tombak Australia, Olivia Maria Gadecki yang berada di posisi ke-219 dunia demikian juga Janice Tjen (ITF-213) yang berada jauh di atas Annerly Poulos (401).

"Pokoknya kami akan mencoba semaksimal mungkin memanfaatkan peluang yang ada," tutur Janice dan Priska.

Apa pun hasil final nanti, keberhasilan trio Priska, Janice dan Nadya Dhaneswara serta kapten Ryan Tanujoyo melaju ke putaran dunia ajang yang diikuti petenis kelompok umur 16 tahun ini, adalah prestasi langka bagi tenis Indonesia.

Terakhir kali, Indonesia mampu mencicipi persaingan level dunia Piala Fed Junior adalah sembilan tahun silam, 2009 dengan menempati posisi keempat babak penyisihan zona Asia/Oseania yang berlangsung di, Australia.

Di babak dunia kala itu yang dihelat di Meksiko, Indonesia yang menurunkan trio Grace Sari Ysadora, Cynthia Melita dan Rekyan Woro serta kapten Deddy Tedjamukti, finis di posisi kesembilan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018