Palembang (ANTARA News) - Sosialisasi ajang akbar Asian Games XVIII tahun 2018 harus digencarkan karena sejauh ini gaungnya dinilai Presiden Joko Widodo belum begitu terdengar hingga menyentuh berbagai lapisan masyarakat, kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

"Sosialisasi yang menjadi sorotan karena tinggal beberapa bulan lagi masih banyak yang belum tahu apa itu Asian Games. Ini evaluasi dari rapat terbatas beberapa waktu lalu," kata Alex di Palembang, Minggu.

Untuk itu, Alex mengharapkan berbagai pihak terkait aktif menyuarakan Asian Games karena momen ini belum tentu berulang dalam 100 tahun kemudian.

Apalagi bagi Sumsel, ajang Asian Games ini demikian luar biasa. Berkat Asian Games, Kota Palembang sebagai ibu kota daerah bergerak ke arah metropolitan karena adanya pembangunan infrastruktur modern.

"Saya sejak tahun lalu, bisa dikatakan tidak kenal henti menyosialisasikan Asian Games. Di berbagai acara, saya selalu membicarakan Asian Games, dan secara rutin dilakukan sosialisasi ke berbagai komunitas, organisasi, dan lainnya," ujar Alex.

Ia mengatakan jika ajang multievent olahraga paling bergengsi tingkat Asia ini tersosialisasi dengan baik maka masyarakat akan berbondong-bondong memanfaatkannya dalam kaitan ekonomi kerakyatan. Selain itu, warga pun akan paham mengenai penting menjadi tuan rumah yang baik.

"Ini merupakan momentum luar biasa. Mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Berbagai sektor dapat tumbuh seperti ekonomi kreatif dan pariwisata," ujar dia.
 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018