Jakarta (ANTARA News) - Debutan bintang Philadelphia 76ers, Ben Simmons, membukukan triple-double 17 poin, 13 rebound dan 14 assist ketika mengantarkan timnya mengalahkan Miami Heat 106-102 di gim ketiga putaran pertama playoff NBA di American Airlines Arena, Florida, Amerika Serikat, Minggu WIB.

Catatan tersebut, membuat Simmons menjadi debutan kelima sepanjang sejarah NBA yang sukses mengemas raihan triple-double di sebuah laga di putaran playoff sepanjang sejarah.

Itu juga merupakan catatan triple-double di putaran playoff pertama yang diraih pemain Sixers semenjak terakhir kali dicapai oleh Charles Barkley pada 1991 silam.

Sementara bagi Sixers, kemenangan itu membuat mereka kini memegang keunggulan 3-1 atas Heat, sebuah modal positif jelang gim kelima yang akan dilangsungkan kembali di kandang mereka sendiri di Wells Fargo Center, Pennsylvania, Rabu (25/4) WIB.

Jika Sixers berhasil memenangi laga kelima nanti, mereka berhak melaju ke semi final Wilayah Timur menantikan pemenang antara Boston Celtics kontra Milwaukee Bucks.

Sixers terakhir kali menjejaki semi final Wilayah Timur pada 2011-2012 silam, hanya untuk dikalahkan Celtics 3-4.

Baca juga: Pelicans jadi tim pertama melenggang ke semifinal wilayah

Selain kegemilangan Simmons, sumbangan 24 poin yang dicetak J.J. Reddick turut membantu kemenangan Sixers, serta double-double 14 poin dan 12 rebound Joel Embiid.

Empat penggawa Sixers lainnya turut mencapai poin dua digit, yakni Dario Saric (11), Robert Covington (10), Marco Belinelli (10) dan Ersan Ilyasova (10).

Bagi Heat, pemain veteran Dwyane Wade memimpin raihan angka dengan 25 poin, diikuti Goran Dragic 20 poin, James Johnson 15 poin, Hassan Whiteside double-double 13 poin dan 13 rebound, serta masing-masing 10 poin bagi Josh Richardson dan Wayne Ellington.

Laga tersebut juga diwarnai beberapa kali ketegangan antar pemain, termasuk ketika Covington melakukan screen yang "sukses" mementalkan Dragic hingga terpelanting di kuarter kedua. Hal itu malahan memicu adu mulut tensi tinggi antara Simmons dengan Johnson.
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018