Jakarta (ANTARA News) - Distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors Corporation di Indonesia, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), akan memulai proses ekspor unit Low MPV andalan mereka, Xpander, yang diproduksi di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi.

Filipina, bakal menjadi negara tujuan ekspor pertama Xpander yang basis produksinya memang direncanakan Mitsubishi bakal ditempatkan di Indonesia.

Presiden Direktur MMKSI, Kyoya Kondo, mengungkapkan pihaknya akan melakukan upacara seremonial ekspor perdana unit Xpander pada Rabu (25/4) pekan depan.

"Pekan depan, tanggal 25, kami akan melakukan upacara penyerahan unit pertama Xpander yang akan diekspor ke Filipina," katanya ketika ditemui di sela-sela ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Meski demikian, Kondo belum mengungkapkan berapa banyak unit yang akan dikapalkan pada pengiriman perdana Xpander ke Filipina tersebut.

Jika menilik pada pernyataan Mitsubishi sebelumnya, dari kapasitas produksi 80.000 unit Xpander setahun di pabrik tersebut, 60.000 unit di antaranya dipastikan untuk pasar domestik, sisanya ekspor.

Pun demikian, dengan tingginya angka permintaan Xpander di pasar Indonesia, tentu saja Mitsubishi perlu membuat hitung-hitungan lagi terkait jumlah yang dimungkinkan untuk ekspor.

Baca juga: Suzuki luncurkan Ertiga baru, bos Mitsubishi malah sumringah

Baca juga: Xpander diyakini masih sokong penjualan IIMS Mitsubishi


Terlepas dari jumlah yang belum diungkapkan, Kondo memastikan bahwa pihaknya masih akan terus mencari negara tujuan ekspor untuk Xpander.

"Setelah Filipina, kami juga berusaha untuk meningkatkan negara tujuan ekspor Xpander," katanya.

Xpander saat ini merupakan pemimpin pasar segmen Low MPW di Indonesia dengan angka penjualan wholesales di atas 7.000 unit per bulan, seturut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018