Pangandaran (ANTARA News) - Sejumlah warga bersama komunitas dan unsur Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menggelar aksi gotong royong membersihkan kawasan Pantai Pangandaran maupun di sekitar lingkungan pemukiman penduduk untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Pangandaran, Selasa (24/4).

"Ada ratusan orang yang melakukan aksi bersih-bersih di Pangandaran, ini dalam rangka menyambut Presiden Jokowi," kata Ketua Forum Koordinasi Tagana Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana di sela-sela aksi bersih-bersih sampah di Pantai Pangandaran, Minggu.

Ia menuturkan, aksi bersih-bersih itu melibatkan banyak sukarelawan dari berbagai organisasi, komunitas, sejumlah instansi seperti Dinas Pariwisata dan masyarakat umum yang tersebar seluruh titik kawasan Pantai Pangandaran.

Mereka, kata dia, memungut seluruh sampah yang tersebar di seluruh kawasan pantai, maupun di jalan-jalan, khususnya di tempat yang akan dikunjungi Presiden Indonesia Joko Widodo di Pelabuhan Cikidang, Babakan, Pangandaran.

"Persiapan bersih-bersih dipusatkan di lokasi yang dikunjungi Presiden di Pelabuhan Cikidang, dan daerah-daerah lainnya seperti sepanjang Pantai Pangandaran," katanya.

Ia menyampaikan, masyarakat Pangandaran antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo yang baru pertama kalinya datang ke Pangandaran, setelah sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat meninjau bencana tsunami di Pangandaran.

Ia berharap, kedatangan kepala negara itu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Pangandaran terutama dapat memperhatikan pembangunan di Kabupaten Pangandaran yang masih membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat.

"Pembangunan di Kabupaten Pangandaran ini sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat, karena kalau mengandalkan dari anggaran Pemkab Pangandaran sangat terbatas," katanya.

Tokoh masyarakat Pangandaran, Dadang Gunawan menyatakan, masyarakat Pangandaran dan berbagai organisasi, termasuk pemerintah daerah selalu berupaya menjaga daerahnya tetap bersih dari sampah.

Sebelumnya, kata dia, aksi bersih-bersih itu agenda rutin yang sering dilaksanakan setiap Jumat sebagai bentuk kepeduliaan masyarakat Pangandaran dalam menjaga kebersihan daerah.

"Sore ini semua komponen masyarakat turun untuk membersihkan sampah di Pangandaran," katanya.

Ia menambahkan, kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran sehingga sesuatu yang wajar untuk memberikan sambutan yang baik dalam rangka kunjungan negara.

"Saya sebagai warga Pangandaran bangga sekali, karena beliau mau datang dan ini sebagai bentuk perhatian ke daerah Kabupaten Pangandaran," katanya.

Presiden Indonesia Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Karamba Jaring Apung Lepas Pantai di PPI Cikidang, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Selasa (24/4).

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018