Jakarta (ANTARA News) - Alibaba AI Labs mengumumkan bahwa Daimler, Audi, dan Volvo Cars menjadi merek mobil global pertama yang mengadopsi sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dari Labs.

Teknologi itu menghubungkan pengguna dengan mobil melalui Tmall Genie, yaitu asisten smart voice pertama dari Labs. AI memungkinkan mobil-mobil di China terhubung dengan Tmall Genie melalui cloud, sehingga pengguna dapat berbicara melalui smart speaker di rumah untuk memonitor status mobil.

Teknologi itu juga bisa memberikan perintah sederhana antara lain mengecek apakah mobil siap berjalan, pintu terkunci atau jendela terbuka, lokasi mobil dan status bensin.

Bisa juga untuk memastikan onderdil mobil, termasuk mesin dan baterai dalam kondisi prima, serta untuk mengunci pintu, menyalakan AC, merencanakan rute, dan menghitung lama perjalanan.

Baca: AI bakal gantikan manusia untuk olah data perusahaan

Dalam waktu dekat, pelanggan Mercedes-Benz CONNECT, Audi Connect, dan Volvo Cars dapat memonitor dan mengontrol fungsi kendaraan mereka dari rumah dengan alat yang dapat dihubungkan dengan Tmall Genie.

Alibaba juga berencana berkolaborasi dengan merek mobil lainnya di China.

"Mengidentifikasi layanan yang cocok bagi pengguna mobil dengan kemampuan Tmall Genie adalah satu dari empat prioritas utama kami. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan merek mobil ternama seperti Daimler, Audi, dan Volvo Cars untuk mendorong revolusi mobilitas pintar di Tiongkok," ujar Kepala Alibaba AI Labs Lijuan Chen dalam keterangannya, Selasa.

Baca: Setengah mobil baru di China gunakan kecerdasan buatan mulai 2020

"Kami berharap kolaborasi ini dapat menciptakan pengalaman mobilitas yang lebih cerdas dan personal, serta meningkatkan perjalanan pengguna dengan layanan berbasis AI melalui solusi Auto AI kami,” tambah Chen.

Ke depannya, Labs berharap dapat menggali lebih jauh layanan seperti speech interaction dan Natural Language Processing (NLP) pada AI otomotif dengan mengintegrasi fitur AliGenie, platform AI yang membantu Tmall Genie.

Fitur-fitur ini akan mendukung sistem operasional kendaraan mulai dari perintah suara untuk menghidupkan navigasi mobil and sistem hiburan. Pengguna dapat mengontrol peralatan Tmall Genie yang ada di rumah melalui mobil mereka.

Untuk keamanan dari kontrol kendaraan, teknologi cetak suara akan digunakan untuk mengidentifikasi suara pengguna resmi sebelum menjalankan perintah suara apa pun.

Baca: Penerus VW Kombi akan dibekali teknologi kecerdasan buatan
Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018