Jakarta (ANTARA News) - Pecatur muda Indonesia yang belum lama ini menjuarai turnamen catur internasional Bangkok Terbuka di Thailand, FM Novendra Priasmoro, mengaku siap untuk berlaga di JAPFA Grandmaster 2018 di Solo, Jawa Tengan dan merebut gelar juara.

"Saya sangat siap dan akan berjuang merebut gelar juara di Solo nanti," kata Novendra di Jakarta, Selasa, yang akan ikut turnamen internasional Grandmaster 2018 yang dimulai 25 April hingga 1 Mei di kota Bengawan atau juga dikenal sebagai kota industri batik itu.

Dikatakan pecatur berusia 19 tahun itu, dirinya tetap harus waspada untuk menghadapi para pecatur asing yang rata-rata telah bergelar grandmaster dalam turnamen Grandmaster itu.

"Mereka semua pecatur hebat kelas dunia, saya tetap harus waspada," katanya.

Selain Novendra, PB Percasi yang menjadi penyelenggara ajang turnamen Grandmaster 2018 juga menurunkan beberapa pecatur muda putra dan putri, dan tidak ketinggalan juga GM Susanto Megaranto yang juga akan menjadikan ajang itu sebagai pemanasan dirinya menghadapi Olimpiade Catur ke-34 di Batumi, Georgia pada September tahun ini.

Sementara itu, peserta turnamen dari luar negari termasuk pecatur AS kelahiran Tashkent, Uzbekistan , GM Timur Gareyev yang dikenal pemegang rekor catur buta yang dibuatnya di Universitas Nevada, Las Vegas pada 3 Desember, ketika dia dengan mata tertutup di atas sepeda statis mampu memainkan catur melawan 48 orang dengan hasil menang 35 papan, tujuh remis, dan kalah enam papan. Selain itu juga akan ikut bertanding pecatur nomor sembilan dunia asal China GM Ma Qun yang memiliki rating 2645.

Sedangkan di bagian putri pecatur WGM Keti Tsatsalashvili dari Georgia, dan tiga dari Serbia yaitu WIM Tijana Blagojevic dari Montenegro yang membela bendera Serbia, serta WIM Mila zarkovic akan dihadapi para pecatur putri Indonesia.

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto bewrharap para pecatur itu bisa mengasah ketrampilan mereka dengan menjajal para pecatur top dunia itu.

"Kecuali untuk Susanto, ini menjadi ajang pemanasan dia untuk ke Olimpiade Catur di Georgia nanti," katanya.

Berikut nama-nama pecatur asing dan nasional yang akan ikut turnamen JAPFA Grandmaster dan Grandmaster putri 2018 di Solo:

Putra:

1. GM Jayson Gonzales (Filipina)

2. GM Nguyen Anh Dung (Vietnam)

3. GM Ma Qun (China)

4. GM Timur Garayev (AS)

5. IM Kevin Goh Wi Ming (Singapura)

6. GM Anton Demchenko (Rusia)

7. GM Susanto Megaranto (Indonesia)

8. FM Novendra Priasmoro (Indonesia)

9. IM Sean Winshand Cuhendi (Indonesia)

10. IM Muhammad Lutfi Ali (Indonesia)

11. WGM Medina Warda Aulia ( Indonesia)

12. FM Yoseph Theoligus Taher (Indonesia)

Putri:

1. IM Alina Lami (Rumania)

2. WGM Keti Tsatsatvili (Georgia)

3. WGM Janelle Mar Frayna (Filipina)

4. WGM Anda Safranska (Prancis)

5. WIM Tijana Blagojevic (Serbia)

6. WIM Mila Zarkovic (Serbia)

7. WIM Dewi AA Citra (Indonesia)

8. WFM Umi Fisabilillah (Indonesia)

9. WIM Chelsie Monica Sihite (Indonesia).

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018