Jakarta (ANTARA News) - Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, mencetak dua gol cantik untuk membuat timnya sementara unggul 2-0 atas AS Roma hingga babak pertama berakhir di laga pertama semi final Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu dini hari WIB.

Salah mencetak golnya di menit 35 dan 45, dan keduanya berasal dari umpan rekan sesama penyerang, Roberto Firmino.

Raihan itu selain membuat Salah kini mengemas 9 gol di Liga Champions, juga memberikan keunggulan bagi pasukan Juergen Klopp menyongsong babak kedua.

Liverpool harus segera kehilangan pilarnya ketika Alex Oxlade-Chamberlain terpaksa meninggalkan lapangan pada menit 18 setelah ia mengalami cedera di tengah upaya menghalau pergerakan Aleksandar Kolarov di sisi kiri.

Di saat Georginio Wijnaldum masih menyesuaiakan ritme pertandingan, usai masuk menggantikan Chamberlain, Roma justru memaksa Anfield yang bergemuruh menahan napas ketika Kolarov melepaskan sambaran bola liar dari luar kotak penalti.

Beruntung penjaga gawang Loris Karius bisa menyentuh bola, demi mengarahkannya ke tiang gawang dan menggagalkan gol.

Pada menit 30, Sadio Mane berhasil terlepas dari penjagaan dan berada dalam ruang tembak terbuka di hadapan penjaga gawang Alisson usai menerima umpan tarik Roberto Firmino. Namun penyerang tim nasional Senegal itu melepaskan tembakan yang melambung jauh di atas mistar gawang.

Mane, pada menit 34, berhasil menyarangkan bola ke gawang Roma, namun ia terlebih dahulu berada dalam posisi offside ketika menyambar umpan kiriman Andrew Robertson.

Beruntung, semenit berselang Salah berhasil mencetak gol pertamanya berawal dari kesalahan pemain Roma kehilangan bola di areanya sendiri. Firmino menyodorkan bola kepada Salah, namun Salah mengolahnya sejenak sebelum melepaskan tendangan melengkung ke area tiang jauh tak terjangkau Alisson dan membuka keunggulan Liverpool pada menit 35.

Dua menit berselang, Liverpool hampir menggandakan keunggulan namun bola sundulan Dejan Lovren menyambut sepak pojok masih membentur mistar gawang.

Baca juga: Salah pimpin Liverpool hadapi "sang mantan"

Baca juga: Muenchen terancam tanpa Alaba dan Tolisso di laga pertama

Baca juga: Mohamed Salah pemain terbaik versi PFA


Keunggulan membuat Liverpool kian meningkatkan tekanan kepada tim tamu, dan di pengujung babak pertama, berawal dari sapuan Virgil van Dijk bola berhasil dikendalikan Firmino di paruh lapangan Roma.

Firmino merangsek jelang kotak penalti, sebelum menyodorkannya kepada Salah yang kencang berlari dan menyambut bola dengan sontekan demi mengecoh Alisson yang terlanjur meninggalkan zona nyamannya dan menggandakan keunggulan Liverpool 2-0 atas Roma.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA : 

Liverpool (4-3-3): Loris Karius; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, James Milner; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

AS Roma (3-4-2-1): Alisson; Federico Fazio, Kostas Manolas, Juan Jesus; Alessandro Florenzi, Daniele De Rossi, Kevin Strootman, Aleksandar Kolarov; Cengiz Uender, Radja Nainggolan; Edin Dzeko
Pelatih: Eusebio Di Francesco

Pewarta: Antara
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018