Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka pameran produk kerajinan internasional Jakarta International Handcraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di JCC Assembly Hall Jakarta, Rabu.

“Acara yang luar biasa ini sudah berlangsung 20 kali dan alhamdulillah saya mungkin sudah membukanya empat kali dan memang mengalami perkembangan yang baik,” kata Wapres Jusuf Kalla saat memberikan sambutan pembukaan Inacraft 2018 di Jakarta, Rabu.

Wapres menilai penyelenggaraan Inacraft menjadi penting bagi industri kerajinan tangan Indonesia untuk meningkatkan perekonomian kreatif. 

“Pastilah bahwa kerajinan ini disamping memberikan lapangan kerja yang begitu banyak khususnya di daerah pedesaan dan kota, juga memberikan dampak ekonomi yang baik,” kata Jusuf Kalla.

Penyelenggaraan Inacraft juga dapat mendorong usaha-usaha kecil dan menengah untuk aktif meningkatkan pendapatan masyarakat dan perekonomian Indonesia.

Inacraft 2018 merupakan penyelenggaraan ke-20 dengan menampilkan produk kerajinan, seni dan atraksi budaya Sumatera Utara sebagai ikon pameran bertemakan “The Loftiness of North Sumatera”.

Penyelenggaraan Inacraft tahun ini menargetkan jumlah pengunjung 200.000 orang pengunjung dengan transaksi retail mencapai Rp149 milyar, serta kontrak dagang sebesar US$ 12 juta selama penyelenggaraannya.
 


Baca juga: Lampu kerang cantik karya perajin Cirebon

Baca juga: Presiden Jokowi pernah jadi peserta Inacraft


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018