Laporan dari Korea

Makna nama KRI Ardadedali-404, kapal selam terbaru Indonesia

Makna nama KRI Ardadedali-404, kapal selam terbaru Indonesia

Awak kapal selam baru KRI Ardadedali-404 menunjukkan pengoperasian kapal tersebut di galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Okpo, Korea Selatan, Rabu, (25/4/2018). (ANTARA /Dyah Dwi Astuti)

Okpo, Korea Selatan (ANTARA News) - Nama KRI Ardadedali-404 pada kapal selam TNI AL hasil kerja sama dengan Korea Selatan diharapkan memberikan makna yang mendalam, sesuai kesaktian senjata tersebut, kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

"Diharapkan dengan menggunakan nama ini paling tidak serupa kesaktian senjata yang dinamakan itu," ujar Menhan dalam upacara penyerahan KRI Ardadedali-404 di galangan kapal Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME), Okpo, Korea Selatan, Rabu.

Pemberian nama Ardadedali pada kapal tersebut diambil dari salah satu nama senjata panah yang dimiliki oleh tokoh cerita mahabarata Arjuna, sosok Pandawa yang menawan parasnya dan lemah lembut budinya.

Dalam cerita disebutkan ardadedali berbentuk ujung anak panah pusaka seperti burung dan memiliki jiwa. Anak panah ardadedali dapat melumpuhkan musuhnya di medan pertempuran besar.

Ryamizard Ryacudu yakin KRI Ardadedali-404 akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara serta keutuhan wilayah.

Selain itu, KRI Ardadedali-404 juga diharapkan dapat melindungi kehormatan serta keselamatan bangsa dan menegakkan hukum di perairan Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Menhan juga berpesan kepada komandan kapal selam KRI Ardadedali-404 Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu beserta awak kapal untuk menjaga kepercayaan yang diberikan oleh bangsa dan negara dengan pengoperasian dan pemeliharaan yang benar.

"Rawat sebaik-baiknya, usahakan usia kapal selama mungkin. Pergunakan dengan baik," tutur Ryamizard Ryacudu.

Ada pun kapal selam pertama hasil kerja sama dengan Korea Selatan yang telah datang Agustus 2017 diberi nama Nagapasa-403, diambil dari nama senjata tokoh pewayangan Raden Indrajit berupa panah sakti.

Kapal selam ketiga yang dikerjakan PT PAL di Surabaya akan diberi nama KRI Alugoro-405, diambil dari nama senjata pemukul berbentuk alu yang dalam cerita pewayangan digunakan oleh Prabu Baladewa.

Baca juga: Dubes Korsel: kapal selam TNI dikirim pekan depan

Baca juga: Kasal sambut kedatangan KRI Nagapasa dari Korea


 
KRI Nagapasa-403 Prajurit TNI AL berusaha menambatkan tali KRI Nagapasa-403 setibanya di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin (28/8/2017). KRI Nagapasa-403 merupakan kapal selam diesel elektrik type 209/1400 pesanan pertama Indonesia kepada Korsel dan menjadi kapal selam ketiga yang dimiliki TNI AL. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww/17
 

Pewarta: Dyah Astuti
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Presiden beri rumah untuk keluarga awak KRI Nanggala-402

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar