Surakarta (ANTARA News) - Pecatur muda Indonesia IM Novendra Priasmoro memimpin klasemen hari pertama turnamen catur JAPFA Grandmaster 2018 di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu.

Pecatur yang lagi naik daun setelah baru-baru ini memenangi Bangkok Open 2018, Novendra, di turnamen grandmaster ini memastikan memimpin setelah meraih 1 poin dari sekali menang atas pecatur bergelar GM asal Filipina Jayson Gonzales.

"Saya bermain sabar melawan dia yang juga main hati-hati, namun saya beruntung dia sedikit-sedikit melakukan kesalahan," kata Priasmoro seusai bertanding.

Dalam pertandingan babak pertama dari 11 babak yang dipertandingkan dengan sistem setengah kompetisi itu, Priasmoro bermain dengan pembukaan Carokan dengan buah putih.

Dia menang pada langkah ke-56 setelah lawan terdesak dan terpaksa harus menyerah.

"Saya pernah bertemu dia (Jayson) di Malaysia Open 2014 dan hasilnya remis.

Sementara itu, empat pecatur Indonesia lainnya yang turun di kategori grandmaster putra seluruhnya bermain remis. GM Susanto Megaranto melawan rekannya WGM Medina Warda Aulia, FM Yoseph Theolifus Taher seri dengan pecatur Rusia Anton Demenchenko, IM Sean Winshan Cuhendi melawan GM Nguyen Anh Dung (Vietnam). Sedangkan remis lainnya terjadi ketka GM Timur Gareyev (AS) melawan IM Goh Wei Ming Kevin (Singapura) yang semua hasil remis mendapat 1/2 poin.

Sementara itu pecatur muda Indonesia lainnya FM Muhammad Lutfi Ali harus kalah melawan pecatur China GM Ma Qun, dan harus terima berada di posisi buncit.

Turnamen grandmaster 2018 akan berlanjut, Kamis (26/4), dengan pertandingan dua babak.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018