Anies ingin Satpol PP tonjolkan adab baik

Anies ingin Satpol PP tonjolkan adab baik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memotong tumpeng pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-68 di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (26/04/2018). (ANTARA/Susylo Asmalyah)

Sisi tegas tapi sopan, berani, tidak mudah menyerah, tapi dilakukan dengan tata adab yang baik, itu yang ingin kita tonjolkan
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin para perempuan dalam jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menunjukkan adab dan kesopanan korps di samping ketegasan dan keuletan dalam menjalankan tugas-tugas penertiban dan penegakan hukum.

"Kita berharap sisi lain dari Satpol PP yaitu sisi tegas tapi sopan, berani, tidak mudah menyerah, tapi dilakukan dengan tata adab yang baik, itu yang ingin kita tonjolkan," kata Anies usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-68 di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Kamis.

"Dan kita inginkan tata cara yang digunakan menjadi jauh lebih baik. Saya ingin menggarisbawahi satu hal, bahwa pembinaan Satpol PP Perempuan ke depan akan kita tingkatkan dan kita akan khusus memberikan pelatihan-pelatihan. Kita melihat justru ada aspek lain yang selama ini terlewatkan," katanya.

Pelatihan-pelatihan bagi jajaran Satpol PP diharapkan bisa membangkitkan tata cara penertiban dan penegakan hukum baru yang lebih baik.

Gubernur juga mengapresiasi peran penting satuan itu dalam menjaga ketertiban dan menegakkan aturan daerah, dan mengharapkan peringatan ulang tahun kali ini bisa menjadi tonggak baru dalam perjalanan Satpol PP menjalankan tugas-tugas penegakan hukum.

"Dan kami pun ke depan akan makin mengedepankan cara-cara yang jauh dari kekerasan. Bahkan di dalam beberapa kali penertiban yang kita lakukan akhir-akhir ini kita sama sekali tidak menggunakan kekuatan fisik," kata Anies. 

Ia menambahkan bahwa dalam pemeriksaan dan penutupan tempat-tempat hiburan yang melanggar peraturan beberapa waktu lalu Satpol PP DKI Jakarta lebih mengedepankan pendekatan legal.

Baca juga: Anies melepas Satpol PP wanita ke Alexis
 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar