Kiat enyahkan varises

Kiat enyahkan varises

Perempuan yang suka mengenakan sepatu hak tinggi (high heels) beresiko terkena arthritis (touchabletoes.com)

Jakarta (ANTARA News) - Siapa yang ingin menderita varises? Kondisi yang tak indah dipandang itu bisa membahayakan penderitanya karena menyebabkan serangan jantung. 

Spesialis bedah toraks dan kardiovaskular dari RS Pondok Indah, dr Achmad Faisal SpBTKV, mengatakan, di luar faktor keturunan, sebenarnya varises bisa Anda cegah. 

Caranya? Yakni: menjaga berat badan ideal, menghindari menyilangkan kaki saat duduk, rutin berolahraga untuk menguatkan otot kaki. 

Selain itu, usahakan lakukan peregangan kaki secara rutin apalagi jika sudah duduk terlalu lama. 

"Jika harus berdiri lama, pindahkan beban dari satu kaki ke kaki lainnya setiap beberapa menit," tutur Faisal, dalam keterangan tertulisnya, Kamis. 

Cara lain, menghindari celana terlalu ketat terutama di pangkal paha, bijak menggunakan sepatu bertumit tinggi dan konsumsilah makanan tinggi vitamin serta serat. 

Faisal mengungkapkan, varises sebaiknya ditangani. Ada sejumlah cara yang bisa penderita lalukan seperti menggunakan perban elastis, stoking, menjalani sclerotherapy, mini phlebectomy atau terapi laser. 

Varises yang tak ditangani mengakibatkan peningkatan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada pembuluh darah. 

"Penggumpalan darah dapat terbentuk di vena dalam, menyebabkan penyumbatan aliran darah kembali ke jantung. Penggumpalan darah itu dapat terlepas dan mengikuti aliran darah, yang dapat berpotensi menjadi emboli paru yang sangat fatal," kata Faisal. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar