Kenal Pak Fredrich karena pernah diwawancara masalah jam tangan di kantor Pak Fredrich."
Jakarta (ANTARA News) - Mantan jurnalis Metro TV Hilman Mattauch pada persidangan di pengadilan di Jakarta mengungkapkan hubungannya dengan bekas pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi.

"Kenal Pak Fredrich karena pernah diwawancara masalah jam tangan di kantor Pak Fredrich," kata Hilman dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kamis malam.

Hilman baru mulai bersaksi pada sekitar pukul 22.00 WIB untuk mantan pengacara Ketua DPR Setya Novanto, Fredrich Yunadi yang didakwa bersama-sama dengan dokter RS Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo yang menghindarkan Setnov diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi proyek KTP-Elektronik.

Jam tangan yang dimaksud Hilman adalah jam tangan Richard Mille seri RM 011 seharga 135 ribu dolar AS yang dibeli pengusaha Andi Agustinus bersama Johannes Marliem yang disebut sebagai bagian dari kompensasi karena Setya Novanto telah membantu memperlancar proses penganggaran KTP-E.

"Saya pernah 2-3 kali wawancara," tambah Hilman.

Hilman pun mengaku tidak pernah makan atau melakukan komunikasi lain dengan Hilman selain dalam urusan pekerjaan sebagai wartawan.

"Tahu Pak Fredrich waktu konferensi pers, Pak Fredrich sudah jadi pengacara Setya Novanto, kalau tidak salah bulan Oktober," ungkap Hilman.

Menurut Hilman jam tangan itu bukan milik Setnov tapi pemberian orang lain.

"Saya tidak menghubungi terdakwa, saya hanya menelepon ajudan dan beberapa petinggi Golkar, karena ingin wawancara pak SN untuk mengklarifikasi berita yang beredar," tambah Hilman.

Hilman pun mencari-cari Setnov yang menghilang saat dipanggil KPK pada 15 November 2017. Ia menemukan Setnov di gedung DPR pada 16 November dan berniat membawa Setnov ke kantor Metro TV untuk dilakukan wawancara langsung.

"Dari DPR karena macet dan saat itu menjelang magrib ditambah hujan jadi saya masuk ke perumahan Permata Hijau, saat itu banyak pasir, kisaran kecepatan 50 km/jam," jelas Hilman.

Hilman yang membawa mobilnya sendiri Toyota Fortuner sementara di bangku belakang ada Setnov sedangkan di sebelah bangku supir ada ajudan Setnov Reza Pahlevi.

"Saya menabrak tiang penerangan jalan dekat saluran air besar, Reza sudah memaki-maki saya, sepintas saya lihat Pak SN saat masih di dalam mobil, miring agak `mangap` sedikit," tambah Hilman.

Ia juga tidak melihat Setnov mengalami luka terbuka yang mengalirkan darah.

"Jidatnya tertutup rambut, setelah itu saya minta maaf sama Reza, lalu Reza membawa Pak SN ke arah lampu merah, saya tidak tahu dibawa ke mana belakangan saya tahu dibwa ke RS Medika Permata Hijau," ungkap Hilman.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018