Daftar rakyat jelata yang menikahi anggota kerajaan

Daftar rakyat jelata yang menikahi anggota kerajaan

Ki-ka: Kate Middleton, Pangeran William, Meghan Markle dan Pangeran Harry (instagram/KensingtonRoyal)

Jakarta (ANTARA News) - Dalam tiga pekan, aktris AS Meghan Markle akan jadi bagian dari sekelompok "rakyat jelata" yang menikahi anggota kerajaan saat dia menjadi istri dari Pangeran Harry di Windsor Castle.

Meghan (36) mengikuti jejak Kate Middleton, yang menikahi kakak Harry, William, pada 2011, juga aktris Amerika Grace Kelly yang merelakan karirnya di Hollywood demi jadi istri Pangeran Rainier III dari Monaco.

Berikut adalah daftar pernikahan anggota kerajaan dengan rakyat jelata baru-baru ini, seperti dikutip Reuters:

GRACE KELLY DAN PANGERAN RAINIER

Ikon Hollywood Grace Kelly, bintang film “To Catch a Thief” dan “Dial M for Murder”, pensiun sebagai aktris untuk menikahi Rainier pada 18 April 1956 setelah keduanya bertemu di Festival Film Cannes setahun sebelumnya. Kelly meninggal akibat kecelakaan mobil pada 1982 dan Rainier meninggal pada 2005.

PUTERI TAKAKO SUGA DAN HISANAGA SHIMAZU

Puteri kerajaan Jepang Takako Suga, putri bungsu Kaisar Hirohito, menikahi analis finansial Hisanaga Shimazu di Tokyo pada 1960. Dia memilih tidak mendapatkan gelar kerajaan dan menjadi bagian dari rakyat jelata, mengambil nama suaminya menjadi Takako Shimazu.


HOPE COOKE DAN PALDEN THONDUP NAMGYAL

Sosialita Amerika Hope Cooke menikahi Palden Thondup Namgyal, Pangeran Sikkim, pada 20 Maret 1963. Dia melancong ke India dan bertemu pria itu di lounge Hotel Windamere di Darjeeling pada 1959. Baru-baru ini dia jadi duda dengan dua putra dan seorang putri, usianya nyaris dua kali lipat usia Cooke. 

Dia meninggalkan kewarganegaraan Amerika setelah menikah dan kemudian Namgyal tidak lagi jadi raja setelah kawasan itu bergabung jadi negara bagian India pada 1975.

SONJA HARALDSEN DAN PANGERAN HARALD DARI NORWEGIA

Sonja Haraldsen berkencan dengan Pangeran Harald dari Norwegia selama bertahun-tahun sebelum sang pangeran bicara pada ayahnya, Raja Olav V, bahwa dia hanya akan menikahi gadis itu. Keputusan tersebut membuat tahta jadi bahaya karena Harald adalah pewaris tunggal. Mereka menikah pada 29 Agustus 1969 setelah Raja Olav berkonsultasi pada pemerintah dan akhirnya mengizinkan pertunangan itu.

SILVIA RENATE SOMMERLATH DAN CARL GUSTAF DARI SWEDIA

Ratu Silvia dari Swedia bekerja sebagai host edukasi di Olimpiade 1972 di Munich ketika dia bertemu dengan Pangeran Carl Gustaf. Dia menikah dengan pria yang kini menjadi raja itu pada 19 Juni 1076.

RANIA Al-YASSIN DAN PANGERAN ABDULLAH DARI YORDANIA

Rania Al-Yassin, puteri seorang dokter, lahir di Kuwait dari orangtua Palestina. Dia bertemu dengan Pangeran Abdullah II dari Yordania dalam sebuah perjamuan makan malam. Rania belajar di Kairo, bekerja untuk Citibank dan Apple di Yordania. Mereka menikah pada 1993 dan Abdullah naik tahta pada 1999.

MASENATE MOHATO SEEISO DAN RAJA LETSIE DARI LESOTHO

Masenate Mohato Seeiso adalah rakyat jelata pertama yang bergabung dalam keluarga kerajaan Lesotho. Dia menikahi King Letsie III di Maseru pada 18 Februari 2000.

METTE-MARIT TJESSEM HOIBY DAN PANGERAN HAAKON DARI NORWEGIA

Gadis Norwegia yang juga seorang orangtua tunggal, Mette-Marit Tjessem Hoiby, menikahi Pangeran Haakon dari Norwegia pada 25 Agustus 2001. Keduanya bertemu di festival musik pada akhir 1990-an.

MAXIMA ZORREGUIETA DAN PANGERAN WILLEM-ALEXANDER DARI BELANDA

Maxima Zorreguieta, mantan bankir dari Argentina, bertemu Pangeran Belanda Willem-Alexander pada April 1999 di Seville, Spanyol, dalam acara Spring Fair. Keduanya menikah pada 2 Februari 2002 dan menjadi Raja serta Ratu Belanda pada 2013 setelah ibu Willem-Alexander, Ratu Beatrix, turun tahta. 

MARY DONALDSON DAN PANGERAN FREDERIK DARI DEMARK

Mary Donaldson dari Australia bertemu Pangeran Denmark Frederik di Slip Inn pada Olimpiade Musim Panas di Sydney pada 2000. Mereka menikah di Copenhagen pada 14 Mei 2014.

LETIZIA ORTIZ ROCASOLANO DAN PANGERAN FELIPE DARI SPANYOL

Letizia Ortiz Rocasolano adalah jurnalis. Perempuan yang sudah pernah menikah itu dikenal sebagai pembawa acara berita sebelum menikahi Pangeran Felipe dari Spanyol pada 22 Mei 2004. Dia jadi ratu Spanyol pertama yang datang dari kalangan rakyat jelata pada Juni 2014 ketika suaminya naik tahta jadi raja.

Ortiz, putri dari jurnalis dan suster serta cucu dari seorang supir taksi, berkencan diam-diam dengan Felipe sebelum pertunangan mereka diumumkan pada November 2003. Keduanya bertemu di sebuah makan malam yang dibuat oleh teman-teman jurnalis.

PANGERAN JOACHIM DARI DENMARK DAN MARIE AGATHE ODILE CAVALLIER

Pangeran Joachim, urutan keempat pewaris tahta Denmark, bertemu dengan Marie Agathe Odile Cavallier kelahiran Prancis pada 2002. Pada 2005, Joachim bercerai baik-baik dengan istrinya Alexandra kelahiran Hong Kong, ibu dari dua putranya.

Kemudian sang pangeran melamar Cavallier ketika mereka berlibur ke Turki, keduanya menikah pada Mei 2008. Cavallier kini dikenal sebagai Her Royal Highness Princess Marie.

TATIANA BLATNIK DAN PANGERAN YUNANI PRINCE NIKOLAOS

Tatiana Blatnik, lahir di Venezuela dan besar di Swiss, adalah event planner untuk Diane von Furstenberg sebelum menikahi Pangeran Nikolaos, putra dari Raja Yunani Constantine pada 2010.

Keduanya menikah di pulau Spetses.


ATLET OLIMPIADE CHARLENE WITTSTOCK DAN PANGERAN ALBERT DARI MONAKO

Charlene Lynette Wittstock lahir di Bulawayo, Zimbabwe pada 1978. Dia mewakili Afrika Selatan di Olimpiade 2000 sebelum menikahi Pangeran Albert II dari Monako pada 1 Juli 2011. Pasangan itu mulai pacaran pada 2006 dan menikah di Monte Carlo di hadapan bangsawan Eropa orang-orang elit internasional. Pangeran Albert adalah putra dari Grace Kelly.

JETSUN PEMA DAN RAJA JIGME KHESAR NAMGYEL WANGCHUCK

Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuck menikahi gadis dari kalangan jelata Jetsun Pema pada Oktober 2011.

Jetsun Pema waktu itu baru berusia 21 tahun ketika menikahi raja 31 tahun yang kuliah di Universitas Oxford. Dia dianggap sebagai ikon mode di Asia dan melahirkan putra pertama mereka, pangeran kerajaan, pada Februari 2016. 

Baca juga: Raja Bhutan nikahi gadis dari rakyat jelata

SOFIA HELLQVIST DAN PANGERAN SWEDIA CARL PHILLIP

Sofia Hellqvist adalah model dan bintang reality TV sebelum jadi Puteri Swedia saat menikahi Pangeran Carl Phillip pada 13 Juni 2015.

KATE MIDDLETON DAN PANGERAN WILLIAM

Kate Middleton, putri dari pilot dan pramugari, bertemu Pangeran Wiliam di St Andrews University di Skotlandia pada 2011. Mereka menikah pada 29 April 2011, di mana Kate jadi rakyat jelata pertama dalam lebih dari 350 tahun yang menikah dengan pangeran yang berada di urutan terdepan sebagai pewaris tahta.

Baca juga: Pangeran William jadi pendamping pria di pernikahan Pangeran Harry
 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar