Entikong, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengapresiasi pelaksanaan program Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan (Petasan) dan akan memperbesar program itu untuk mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

"TNI dan Polri hadir di perbatasan untuk selain untuk mengamankan dan menjaga kedaulatan negara, juga untuk menyelesaikan persoalan masyarakat di perbatasan seperti pendidikan dan layanan kesehatan," katanya saat bertatap muka dengan jajaran Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan di Entikong, Jumat.

Panglima TNI mengapresiasi program Petasan yang diluncurkan Korem 121/Abw dan berjanji memperbesar program untuk mendukung pembangunan daerah perbatasan.

"Ke depan program ini akan diperbesar dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait, termasuk Polri dan Bea Cukai, untuk memberikan layanan pendidikan, kesehatan dan penyuluhan pertanian, sehingga masyarakat di perbatasan juga sejahtera," katanya.

Danrem 121/Abw Brigjend TNI Bambang Ismawan menyampaikan Petasan merupakan program kerja Korem 121/Abw yang difokuskan ke wilayah Kodim perbatasan.

"Kami masih banyak menemukan sekolah yang masih kekurangan guru dan sarana prasarana yang terbatas. Dari sini kita menemukan sebuah formula yang kita beri nama Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan disingkat Petasan. Program ini menyisir sekolah-sekolah yang ada di Kalimantan Barat khususnya diperbatasan yang masih terkendala dengan masalah kekurangan guru dan sarana prasarana."

Baca juga:
Panglima TNI-Kapolri tinjau perbatasan Indonesia-Malaysia
Guru perbatasan kekurangan fasilitas mengajar

 

Pewarta: Rini Utami
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018