Jakarta (ANTARA News) - Produksi film lokal di berbagai daerah makin menggeliat, yang terbaru adalah film komedi romantis kental dengan budaya Batak berjudul "Pariban Idola dari Tanah Jawa". 

Dibintangi Atiqah Hasiholan dan Ganindra Bimo Beradu Akting, film besutan sutradara Andibachtiar Yusuf ini mencoba untuk menghadirkan film komedi yang juga menyuguhkan keindahan alam Pulau Samosir dan Danau Toba yang kental dengan kebudayaan adat Batak. 

Meski mengusung isi regional, film tersebut dapat tetap relevan karena ceritanya universal, kata Rumah Produksi Stayco Media dalam keterangan pers, Jumat.

Genre komedi tidak asing bagi Atiqah Hasiholan yang sebelumnya terlibat sitkom di salah satu stasiun TV swasta. Film ini menjadi kesempatan perdana Atiqah Hasiholan beradu akting dengan Ganindra Bimo. 

“Menyenangkan bisa main bareng Ganindra Bimo yang totalitas aktingnya sangat saya sukai," ujar Atiqah.
 
Pariban Idola dari Tanah Jawa (Stayco Media)



Agustinus Sitorus, CEO Stayco Media sekaligus produser, mengatakan ia ingin membuat filmseputar adat dan budaya batak dengan cerita yang lebih ringan dan dekat dengan keseharian muda-mudi batak pada hari ini. 

“Sebagai orang batak Agustinus terpanggil untuk membagikan cerita keseharian orang batak kepada publik yang lebih luas. Pariban sendiri merupakan istilah yang digunakan bagi sepupu dalam masyarakat batak yang biasanya dijodohkan oleh para orang tua.” 

“Semua muda-mudi batak pasti punya pariban, kami ingin mengajak publik untuk mengenal budaya kami sambIl tertawa melihat berbagai kekonyolan yang lazim terjadi saat dijodoh-jodohkan dengan sepupu sendiri. Kami mencoba bertutur dengan sederhana tanpa menggurui, jadi orang batak ngga perlu minder untuk dapat jodoh. Kami cukup menemukan pariban yang tepat,” canda Agustinus.

Bagi sutradara Andibachtiar Yusuf, ini adalah film komedi perdana sekaligus kolaborasi kedua dengan Agustinus Sitorus setelah "Love for Sale".

"Pariban" bercerita tentang Moan (Ganindra Bimo) sosok pemuda Batak yang sudah lama tinggal di Jakarta. Meski usianya sudah menginjak 37 tahun, dia belum punya pacar. 

Situasi ini membuat ibunya yang bermukim di Samosir pusing dan harus turun tangan. Lalu memaksa Moan untuk mudik dan menikah dengan sepupunya, Uli (Atiqah Hasiholan). Di luar dugaan, Uli yang diceritakan sebagai wanita cantik dan mencintai budaya Batak, sudah memilik kekasih.

"Pariban Idola dari Tanah Jawa" dibintangi oleh Atiqah Hasiholan, Ganindra Bimo, Dayu Wijanto, Rizki Mocil, Bang Tigor, Imelda Budiman, Mak Gondut, dan masih banyak lagi. Film ini merupakan produksi perdana Stayco Media dan dijadwalkan tayang pada Agustus mendatang.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018