Perkemahan Wirakarya Perguruan TInggi Keagamaan XIV digelar di Riau

Perkemahan Wirakarya Perguruan TInggi Keagamaan XIV digelar di Riau

Arsip. Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan. Menag Lukman Hakim Saifuddin memukul bedug menandari dibukanya Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) XIII di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (16/05). (foto: sug/mkd)

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama akan menggelar Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) se-Indonesia XIV tahun 2018 di UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, pada 3-10 Mei 2018.

"Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter anggota Gerakan Pramuka yang mempunyai jiwa kepemimpinan, tanggung jawab dan berdedikasi pada ilmu pengetahuan sehingga dapat mengotimalkan perannya di masyarakat," kata Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Arskal Salim di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan perkemahan Pramuka untuk perguruan tinggi keagamaan itu juga agar meningkatkan persaudaraan sesama Muslim, sebangsa dan antarsesama manusia.

Selain itu, kata dia, perkemahan itu juga supaya menggali potensi-potensi lingkungan, budaya dan wisata pendidikan di daerah sehingga dapat digerakkan untuk memperkuat pembangunan kewilayahan dan perdesaan.

Kegiatan PW PTK XIV se-Indonesia, lanjut dia, akan diikuti oleh 1.500 Pramuka Pandega yang berasal dari 56 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, dengan rincian 17 UIN, 37 IAIN dan empat STAIN.

"Juga diikuti Perguruan Tinggi Keagamaan Non-Muslim, PTKIS dan Pramuka Mahasiswa Luar Negeri," kata dia.

Perkemahan yang mengangkat tema "Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan Eco Cultural Tourism" itu akan berupaya mengembangkan potensi wisata pendidikan dengan memperhatikan sosial budaya masyarakat yang dikerjakan secara bersama-sama antara anggota Pramuka dengan masyarakat.

"Akan ada pembangunan fasilitas seperti anjungan, gazebo, jembatan, spot-spot foto, arena outbond, tempat bermain edukatif diharapkan mampu meningkatkan daya imajinasi, kreativitas dan inovasi pramuka PTK se-Nusantara," kata dia.

Setelah kegiatan selesai, kata dia, masyarakat bersama unsur pemerintah setempat agar termotivasi untuk mengembangkan hal yang dirintis Pramuka tersebut dalam program-program pembangunan daerah.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar