Surakarta (ANTARA News) - Pecatur Rusia GM Anton Demchenko masih bertahan sendirian di puncak klasemen turnamen grandmaster 2018 setelah babak keempat dengan mengumpulkan 3,5 poin di Surakarta, Jumat.

Sementara itu empat pecatur termasuk dari Indonesia FM Yoseph Theolifus Taher menempel di posisi berikutnya dengan mengemas 2,5 poin bersama GM Ma Qun (China), GM Timur Gareyev (AS), IM Goh Wei Ming Kevin (Singapura).
 
Pecatur Indonesia Yoseph T Taher (kiri) bertanding melawan pecatur Rusia Anton Demchenko (kanan) pada pertandingan Turnamen Japfa Catur Grand Master dan Women Grand Master di Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/4/2018). Kompetisi catur yang mempertemukan grand master catur dari Eropa, Asia dan Amerika dengan pecatur Indonesia tersebut selain untuk mendorong prestasi atlet catur Indonesia juga sebagai ajang pembinaan dan mengembangkan potensi atlet catur Indonesia. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)



Sedangkan pecatur muda Indonesia FM Novendra Priasmoro tetap dengan 2 poin setelah mengalami kekalahan babak keempat dari Anton Demchenko.

Pada babak keempat itu Ma Qun remis lawan Timur Gareyev, sedangkan Gih Wei Ming remis melawan GM Nguyen Anh Dung (Vietnam).

Pecatur nomor satu Indonesia GM Susanto Megaranto kembali menelan hasil remis melawan GM Jayson Gonzales (Filipina) sehingga baru mengumpulkan 2 poin dari empat babak pertandingan, hasil poin itu sama dengan yang diperoleh pecatur rekan senegaranya IM Sean Winshand Cuhendi yang menang melawan pecatur Indonesia lainnya WGM Medina Warda Aulia.

Sementara pecatur Indonesia lainnya IM Muhammad Lutfi Ali baru mengumpulkan 1 poin setelah bermain remis melawan Yoseph Taher.

Di kategori grandmaster putri, pecatur Filipina WGM Freyna Janelle Mei memimpin sendirian setelah babak keempat, disusul dua pecatur asing WIM Mila Zarkovic (Serbia) dan WFM Ummi Fisabillilah (Indonesia) yang berada di posisi berikutnya dengan mengumpulkan 3 poin.

Sampai berita ini diturunkan, para pecatur masih bertanding di babak kelima yang akan berakhir pada, Jumat malam.

Turnamen JAPFA Grand Master 2018 berlangsung selama 11 babak pertandingan dengan sistem setengah kompetisi.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018