Surabaya (ANTARA News) - Provinsi Jawa Timur akan dijadikan sebagai proyek percontohan program domba nasional (Prodombas) dengan memanfaatkan lahan hutan Perum Perhutani untuk menjalankan program tersebut.

Kepala Devisi Regional Perhutani Jatim Sangudi Muhammad di Surabaya, Jumat, mengatakan program tersebut diinisiasi oleh Pusat Inkubasi Bisnis Syari`ah Majelis Ulama Indonesia (Pinbas MUI) bekerja sama dengan Perum Perhutani.

Menurut dia, program ini bertujuan meningkatkan populasi domba nasional untuk memenuhi kebutuhan protein hewani bagi rakyat Indonesia yang saat ini masih jauh dari standar.

Program pemberdayaan masyarakat ini, kata dia, merupakan tindak lanjut dari Kongres Ekonomi Umat Islam 2017 yang diselenggarakan pada 24 April 2017, dan merupakan kongres pertama di Indonesia.

"Sebagai pilot project, program ini akan dilaksanakan di beberapa kabupaten di Jatim di lokasi pengelolaan lahan Perum Perhutani Jawa Timur," katanya.

Sebelumnya, juga telah dilakukan peninjauan lapangan ke kawasan hutan Perum Perhutani BKPH Lawang Timur di daerah Nongko Jajar Purwodadi Pasuruan, yang menjadi salah satu lokasi pemanfaatan lahan dalam program itu.

"Kami harap, program ini dapat meningkatkan taraf hidup rakyat kecil dan mengurangi kesenjangan ekonomi nasional, serta berdampak pada kelestarian hutan," katanya.

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018