Jakarta (ANTARA News) - Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas Wismana Adi Suryabrata mengatakan percepatan pembangunan infrastruktur mendorong penghasilan negara lebih tinggi.

Dalam Forum Merdeka Barat 9 bertajuk "Progres Proyek Strategis Nasional 2018" di Jakarta, Jumat, Wismana mengatakan pemerintah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur.

Wismana mengatakan pembangunan infrastruktur ditujukan untuk pemenuhan pelayanan dasar, pemenuhan infrastruktur perkotaan, dan infra pendukung sektor unggulan.

"Urban transport menjadi penting karena 52 persen penduduk sudah hidup di daerah urban," katanya.

Wismana menambahkan konektivitas fisik harus dibangun untuk berbagai sektor unggulan, termasuk untuk pariwisata. Ide konektivitas adalah untuk menurunkan biaya logistik.

"Ada beberapa pembangunan terkait itu, yakni bandara, kereta api, tol dan lainnya. Misalnya untuk mendukung 10 Kawasan Bali Baru," katanya.

Ujung dari segala pembangunan infrastruktur tersebut, menurut Wismana, ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Terkait strategi pendanaan infrastruktur, Wismana menegaskan, tentunya tidak bisa pemerintah menuntaskan sendirian. Harus ada kerangka pembiayaan yang mendorong peran swasta, termasuk di antaranya melalui KPBU (kerja sama pemerintah dengan badan usaha) dan PINA (pembiayaan investasi non-anggaran pemerintah).

Ia menyebutkan total kebutuhan investasi untuk infrastruktur sebesar Rp4.796,2 triliun. Dari jumlah itu bersumber dari oAPBN dan APBD sebesar 41,3 persen, sedangkan dari BUMN sebesar 22,2 persen dan swasta 36,5 persen.

Kendati melibatkan swasta, Wismana menegaskan tetap ada pengawasan negara agar tidak merugikan masyarakat.

Perhatian serius

Sementara itu Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti saat membuka FMB9 itu menyatakan bahwa Presiden Jokowi memberikan perhatian serius terhadap proyek strategis nasional (PSN).

"Percepatan infrastruktur yang menjadi salah satu bagian dari proyek strategis nasional harus kita bangun agar daya saing kita bisa lebih baik dari negara lain. Demikian pesan Bapak Presiden Jokowi dalam sejumlah kesempatan," ujar Niken.?

Menurut Dirjen IKP, percepatan proyek strategis nasional di bidang perekonomian dan bidang lainnya diharapkan mampu memberikan dampak positif.

Percepatan PSN berdampak langsung pada meningkatnya perekonomian nasional hingga naiknya kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah di Tanah Air, kata Niken.

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018