Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dipastikan hanya diwakili oleh dua ganda di putaran semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Championships/BAC) 2018 kategori perorangan.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Jumat, dua wakil Indonesia yang berhasil melaju ke empat besar adalah pasangan ganda putri Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta dan duet ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Namun, langkah dua pasangan Indonesia tersebut tak bisa diikuti dua wakil Merah Putih lainnya, yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri) dan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto (ganda campuran).

Greysia/Apriyani yang menempati unggulan lima, gagal menapaki fase empat besar usai di perempat final harus merelakan tiket empat besar didapatkan duet Jepang unggulan dua, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dalam laga dua gim selama 55 menit yang berakhir dengan skor 19-21, 14-21.

Bagi duet Indonesia kombinasi pemain senior dan junior ini, kekalahan atas Matsutomo/Takahashi, menambah catatan buruk mereka yang sudah kalah lima kali tanpa balas dari duet Jepang.

Sementara itu, Ricky/Debby tak bisa melanjutkan langkah gemilangnya kala bisa menundukan unggulan enam asal Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai di putaran dua, saat bertemu duet China unggulan dua Wang Yilyu/Huang Dongping di perempat final.

Dalam pertandingan delapan besarnya, Ricky/Debby tak bisa melangkah ke semifinal usai dipaksa tunduk oleh Wang/Huang dalam pertarungan dua gim langsung berdurasi 38 menit yang berkesudahan dengan skor 15-21, 19-21.

Dengan hasil yang diperoleh Greysia/Apriyani dan Ricky/Debby, memastikan Indonesia hanya diwakili oleh Tontowi/Liliyana (ganda campuran) dan Della/Rizki (ganda putri) di semifinal Kejuaraan Asia.

Tontowi/Liliyana ke empat besar usai mengalahkan He Jiting/Du Yue (China) dalam pertarungan dua gim yang berkesudahan 21-11, 9-21, 21-10.

Sementara Della/Rizki, sukses menjejakan kakinya di fase empat besar, usai mereka berhasil menundukan pasangan Jepang Naoko Fukuman/Kurumi Yonao dalam pertarungan dua gim selama 45 menit yang berkesudahan 21-12, 21-12.

Di empat besar, Tontowi/Liliyana akan menerima tantangan dari duet unggulan lima asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang melaju ke empat besar usai "membantai" pasangan Hong Kong unggulan tiga, Tang Chun Man/Tse Ying Suet, 21-8, 21-7.

Sedangkan Della/Rizki akan menantang unggulan tiga asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, yang melaju ke semifinal usai menumbangkan duet Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai yang merupakan unggulan tujuh, dengan dua gim langsung 21-19, 21-13 di perempat final.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018