Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian mendukung untuk diberikannya apresiasi kepada para artisan atau perajin yang secara terus menerus menekuni bidang kerajinan yang produknya mampu bersaing dalam kompetisi global.

“Inacraft Award menjadi perwujudan apresiasi kreativitas, inovasi desain dan sebagai upaya meningkatkan iklim kompetitif yang mendorong berkembangnya lahirnya inovasi produk baru yang unggul di bidang kerajinan,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melalui keterangannya di Jakarta, Jumat.

Airlangga mengatakan bahwa ajang ini menjadi bentuk penghargaan terhadap karya perajin Indonesia sekaligus ajang untuk meningkatkan pemahaman para perajin dalam menciptakan produk kerajinan khas Indonesia yang berkualitas sehingga dapat diterima oleh pasar global.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan INACRAFT Award 2018 ini, yang mendorong munculnya produk-produk kerajinan unggulan, baik dari segi desain, inovasi, berciri khas, dan memiliki kearifan lokal daerah di Indonesia serta berorientasi pasar,” tutur Menperin.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Gati Wibawaningsih yang juga menjadi salah satu Dewan Juri INACRAFT Award 2018 menghimbau kepada para perajin untuk terus meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan produk.

Sehingga, dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing, yang tentunya akan meningkatkan eksistensi baik di kancah nasional maupun internasional.

“INACRAFT Award dapat menjadi sarana bagi perajin khusunya IKM dalam meningkatkan keterampilan, menambah wawasan dan berinovasi terutama dengan menggunakan sumber daya alam yang banyak tersebar di Indonesia,” tutur Gati.

Terdapat lebih dari 100 produk yang telah dipilih dari Inacraft Award oleh hakim profesional yang telah menerima Certificate of Excellence dari UNESCO sejak keterlibatan ASEPHI dalam program ini.

Terdapat tujuh kategori produk kerajinan yang akan dievaluasi, yaitu keramik, serat alami, tekstil, kayu, batu, logam, dan bahan lainnya. Dari tujuh kategori ini, produk terbaik akan dipilih untuk menerima INACRAFT Award dan penghargaan khusus untuk Muncul Produk.

Sejak 2016, evaluasi INACRAFT Award mengambil format baru dalam aplikasi digital.

Proses penjurian masih menerapkan format UNESCO tetapi setiap langkah pengumpulan dan menandai skor akan dilakukan oleh sistem digital.

Sehingga, diharapkan untuk membuat proses input data mudah dan mempercepat proses penjurian, sehingga hasil yang telah masukan bisa langsung diketahui dan diharapkan dapat mengurangi kemungkinan kesalahan.

Terdapat kriteria bagi pemenang INACRAFT Award yakni kerajinan harus menunjukkan tingkat kesempurnaan pekerjaan dan penerapan standard kualitas yang bermutu tinggi.

Kerajinan juga harus mengekspresikan identitas budaya dan nilai-nilai estetis tradisional, tak hanya itu perajin harus kreatif dan berhasil memadukan ketrampilan tradisional dan inovasi dalam pemakain bahan/material, pemilhan bentuk dan/atau desain.

Produk kerajinan pemenang Inacraft Award harus dapat dipasarkan dan berpotensi untuk memasuki pasar internasional.

Pengrajin harus menghormati faktor alam dan lingkungan dalam teknik-teknik mendapatkan material/bahan dan pelaksanaan proses produksi, menghormati dan mentaati hukum perundangan yang berlaku berkaitan dengan perihal hak tenaga kerja dan hak asasi manusia.

Selain itu, tidak mengeksploitasi baik secara individu maupun kelompok secara tidak adil pada tingkat maupun dalam kaitan produksi barang-barang kerajinan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018