Baku (ANTARA News) - Pemuncak klasemen kejuaraan Formula 1 yang membela Ferrari Sebastian Vettel melengkapi "hattrick" untuk menduduki posisi start terdepan pada Sabtu, dengan mengungguli rival utamanya dalam persaingan perebutan gelar Lewis Hamilton untuk menduduki posisi teratas di Grand Prix Azerbaijan.

Pebalap Jerman itu, yang unggul sembilan poin atas sang juara bertahan yang membela Mercedes, akan berharap dapat mengonversi pole position ketiganya secara beruntun menjadi kemenangan ketiga dari empat balapan pada Minggu.

Vettel unggul dengan nyaman atas Hamilton, mencatatkan waktu tercepat 21tu menit 41,498 detik dibandingkan catatan 1:41,677 yang diukir sang pebalap Britania di sirkuit jalanan di pantai Laut Caspian.

Pebalap Finlandia Valtteri Bottas menduduki urutan tercepat urutan ketiga untuk Mercedes, sedangkan pebalap Australia Daniel Ricciardo, pemenang di Baku tahun lalu dan di China dua pekan silam, menduduki urutan keempat untuk Red Bull pada sore yang mendung dan berangin kencang.

"Ini akan menjadi balapan yang sengit. Apapun dapat terjadi di sini dan demikian pula mobil-mobil keselamatan (safety car)," kata Vettel, yang kesulitan untuk menembus sepuluh besar catatan waktu pada Jumat namun memimpin pada sesi terakhir Sabtu.

"Poin bagusnya adalah bahwa mobil kami benar-benar bagus sore ini maka ini semestinya menjadi tempat yang bagus besok," tambah juara dunia empat kali ini.

"Kemarin saya sedikit kesulitan dengan kepercayaan diri dan percata kepada mobil dan iramanya, namun hari ini, ketika itu begitu tepat, hal ini muncul sendiri."

Hamilton, yang juga merupakan juara dunia empat kali namun belum memenangi satu balapan pun pada musim ini, mengatakan ia kehilangan waktu krusial pada sektor terakhir.

Menghuni urutan kedua di grid masih merupakan posisi terbaiknya sejak menghuni posisi start terdepan pada balapan pembukaan musim di Australia, di mana Ferrari menyapu bersih pada dua balapan terakhir.

"Merekalah yang tercepat sepanjang akhir pekan dan mereka nyata-nyata memiliki mobil fenomenal pada tahun ini. Namun saya benar-benar senang dengan apa yang tim lakukan untuk kami dari di mana kami berada pada kemarin sampai hari ini," kata Hamilton.

Pebalap 20 tahun yang membela Red Bull Max Verstappen akan start dari posisi kelima bersama pebalap Ferrari Kimi Raikkonen, yang terlihat sepertinya ia dapat bergabung dengan Vettel di baris depan untuk ketiga kalinya secara beruntun, dan berpeluang mengalahkannya, namun melakukan kesalahan pada lap terakhir.

Pasangan pebalap The Force India Esteban Ocon dan Sergio Perez akan menghuni baris keempat.

Nico Hulkenberg lolos kualifikasi di urutan kesembilan untuk Renault namun pebalap Jerman itu akan turun lima posisi karena pergantian girbox yang tidak direncanakan, mendongkrak rekan setimnya Carlos Sainz untuk merebut posisi tersebut.

Pebalap Kanada Lance Stroll, yang finis di urutan ketiga di Baku tahun lalu, akan start dari posisi kesepuluh untuk Williams, demikian Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Pewarta: antara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018