Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Jepang Shinzo menyangkut perkembangan terkini di Semenanjung Korea.

Pertemuan tingkat tinggi Moon dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, Jumat, menghasilkan tekad bersama mewujudkan penghapusan senjata nuklir dan perdamaian abadi di semenanjung itu.

Trump di Twitter mengatakan melakukan "pembicaraan panjang dan sangat baik" dengan Presiden Moon dan bahwa "segala sesuatu berjalan dengan sangat baik".

Waktu dan tempat bagi pertemuannya dengan Kim Jong-un sedang ditentukan, tambah Trump.

Pemimpin AS itu juga mengatakan di Twitter bahwa ia telah memberi tahu Abe lewat telepon soal "perundingan yang sedang berjalan" menyangkut masalah Semenanjung Korea.

Sebelumnya, pada Jumat, Trump mengatakan dalam acara jumpa pers bersama Kanselir Jerman Angela Merkel, yang sedang berkunjung, bahwa ia "memiliki hubungan kerja yang sangat baik" dengan Kim.

"Mereka memperlakukan kita dengan penuh hormat," katanya, "Menurut saya, hal sangat baik akan muncul terkait Korea Utara."

Pertemuan Donald Trump dengan Kim Jong-un diperkirakan berlangsung pada Mei atau awal Juni tahun ini, demikian Xinhua.

(T008/B002)

Baca juga: Trump sesumbar tak ulangi kesalahan sebelumnya di Korut

Pewarta: Tia Mutiasari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018