Bogor (ANTARA News) - Acara tahunan IPB Job Fair 2018 memasuki hari kedua pelaksanaan, Minggu, dipadati sejumlah pencari kerja di Grha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Terdapat 45 perusahaan membuka lowongan pekerjaan, dan belasan lembaga pendidikan yang menawarkan beasiswa pendidikan, termasuk lowongan kerja.

Dewi Sinta (22) lulusan Universitas Pakuan Bogor ini memasukkan berkas lamaran di tiga perusahaan sekaligus.

Menurutnya, kegiatan job fair sangat membantu para mahasiswa yang baru lulus untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang berkompeten.

Baca juga: IPB Job Fair 2018 diikuti puluhan perusahaan

"Apalagi buat saya lulusan baru ini, mengikuti job fair sangat membantu kita melamar ke perusahaan yang resmi," kata lulusan manajemen ini.

Dewi mengatakan banyak perusahaan besar yang diminatinya, hanya saja karena belum memiliki pengalaman kerja, ia belum bisa melamar di lowongan yang strategis.

"Kan saya belum punya pengalaman kerja, jadi cuma bisa melamar sebagai staf administrasi, kalau sudah teknis, rata-rata meminta pengalaman kerja," kata Dewi.

Banyak mahasiswa memanfaatkan job fair untuk mengirimkan berkas lamarannya ke sejumlah perusahaan. Sejumlah posisi strategis sesuai keahlian ditawarkan sejumlah perusahaan, baik perbankan, asuransi, pembiayaan, dan perusahaan perkebunan, maupun pertanian.

Priyandi Prawiro Wicahyo, lulus 2018 dari Fakultas Kehutanan IPB ini beralasan mencari pekerjaan untuk pengalaman kerja sebelum memulai usaha.

Ia mengatakan IPB mengamanatkan para lulusannya untuk mencari wirausahawan, hal tersebut telah ditanamankan sejak awal berkuliah.

"Memang IPB mengamanatkan setiap lulusannya menjadi wirausaha, tetapi bekerja ini membantu kita mencari pengalaman supaya tau seperti apa dunia kerja itu nantinya," katanya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Handian Purwawangsa menambahkan, IPB Job Fair merupakan agenda tahunan yang sudah diselenggarakan IPB sejak tahun 2008.

Baca juga: "job Fair" IPB Libatkan Puluhan Perusahaan Besar

"IPB Job Fair digelar setahun dua kali, ini jobfair ke 24 kalinya, rata-rata setiap digelar jumlah pencari kerja yang datang menjadi 5.000 orang," kata Handian.

IPB Job Fair lanjut Handian terbuka untuk umum, tidak hanya untuk lulusan IPB. Tujuannya adalah mempersingkat masa tunggu lulusan bisa diterima di dunia kerja.

"Ini kolaborasi antara IPB dan perusahaan yang membutuhkan SDM, IPB memfasilitasi itu," kata Handian.

Baca juga: 38 perusahaan cari karyawan via IPB Job Expo

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018