Jakarta (ANTARA News) - Kehabisan baterai ponsel saat melihat-lihat mobil idaman di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 kini tak perlu khawatir,  karena hanya merogoh kocek Rp10.000 anda bisa menyewa power bank seharian.

Usaha rintisan yang dikelola PT Jalan Terus Saja ini menyediakan ‘power bank mechine’ pertama di Indonesia yang di dalamnya terdapat hingga 16 buah power bank, yang dapat anda sewa dengan masing-masing kapasitas mencapai 5.000 mAh.

“Untuk menyewanya, konsumen tinggal mengunduh aplikasi ‘Recharge Power On The Go’ kemudian membayar Rp10.000,” ujar Ayu Pratiwi, Sales Bidding PT Jalan Terus Saja ditemui di Jakarta, Minggu.

Tersedia enam mesin pengisian baterai yang dapat digunakan para pengunjung pada ajang IIMS 2018, yang tersebar di area di hall B, D, A1, B1, C2 dan di gedung Pusat Niaga JIExpo, Jakarta.

Menurut Ayu, kendati power bank merupakan barang yang sudah dimiliki banyak orang, namun mesin penyewaan pengisian baterai ponsel ini ingin mengedukasi masyarakat lebih jauh.

“Kami ingin mengedukasi bahwa sebetulnya, power bank yang digunakan sehari-hari memiliki batas pemakaian, yaitu sampai 100 kali mengisi baterai. Setelah itu justru bisa bikin ponsel sering kehabisan baterai,” ujar Ayu.

Selain itu, kehadiran mesin tersebut juga diharapkan agar penggunaan power bank di masyarakat bisa semakin berkurang, karena jika sudah tidak terpakai, maka power bank menjadi sampah yang berbahaya.

“Bisa hidup lebih ‘go green’ juga kan,” tukasnya.

Bagi konsumen yang menggunakan layanan tersebut, maka cukup mendaftarkan nomor telepon, alamat surat elektronik atau akun Facebook sebagai data.

Hingga saat ini, mesin pengisian baterai yang baru berjalan selama enam bulan ini sudah tersedia di beberapa pusat perbelanjaan, yakni Pondok Indah Mall, FX Sudirman, Baywalk, Mall Emporium, dan Pacific Place.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018