Jakarta (ANTARA News) - Perubahaan pembiayaan terbesar di Indonesia yang tergabung dalam Astra Financial memprioritaskan pembangunan bidang pendidikan sebagai sasaran program Corporate Social Responsibility (CSR).

Salah satu dari perusahaan Astra Financial, FIFGROUP misalnya, juga ambil bagian dalam program itu melalui “Jam Berbagi Ilmu”, yang melibatkan 33 karyawan Astra Financial memberikan materi literasi keuangan, safety riding dan driving kepada siswa SMKN 20 Jakarta Selatan.  

”Kegiatan ini kita laksanakan 19 April lalu. Ada 15 kelas yang kita berikan materi. Siswa yang mengikuti program ini adalah siswa kelas 10 dan 11. Dan kami bersyukur, program ini sangat diminati para siswa,” kata Yulian Warman, Chief Corporate Communications & EHSR FIF, dalam siaran pers, Minggu.

Menurut Yulian, kedepan program ini tidak hanya berlangsung di Jakarta, tapi diharapkan bisa dijalankan di setiap kota dengan melibatkan karyawan Astra Financial di setiap cabang.

”Literasi keuangan dan pengetahuan safety riding dan driving sangat diperlukan siswa. Selain untuk memberikan pengetahuan, kita berharap bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan siswa SMA sederajat. Dan kita berharap mereka nantinya akan menjadi aset yg bermanfaat bagi bangsa dan negara,” katanya.

Selain FIFGROUP, dalam program sinergi CSR Astra Financial Peduli, terlibat antara lain Asuransi Astra, PermataBank, Astra Credit Companies (ACC), Komatsu Astra Finance (KAF), TAFS, Surya Artha Nusantara Finance (SANF), Astra Mitra Ventura (AMV), Dana Pensiun Astra (DPA), dan Astra Life.

Yulian mengatakan bahwa pendidikan merupakan sebuah pondasi bagi kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan yang sangat baik, bangsa Indonesia akan dapat tumbuh dan berkembang menjadi bangsa yang kuat berkat sumber daya manusia yang cerdas.

Selain program mengajar, FIFGROUP juga memberikan pelatihan kepada 2.996 guru yang tersebar di 14 kota di seluruh Indonesia. Mereka mendapatkan pelatihan yang meliputi cara mengajar, cara memberikan perhatian kepada siswa, hingga bagaimana cara agar siswa dapat senang dengan pelajaran yang diajarkan.

Yulian menambahkan, kegiatan CSR FIFGROUP sendiri terbagi dalam empat pilar utama. Yaitu pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat serta lingkungan. Selain itu, FIFGROUP juga menyerahkan bantuan yang berkaitan dengan hubungan masyarakat.

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018