Jenewa, Swiss (ANTARA News) - Cuaca buruk yang memaksa sekelompok pendaki bermalam di tempat terbuka di Alpen Swiss telah menyebabkan empat orang tewas dan lima lainnya kritis menurut polisi lokal dari Wilayah Valais, Swiss Selatan, Senin (30/4).

Menurut pernyataan polisi, 14 pendaki yang terjebak cuaca buruk dipaksa bermalam di tempat terbuka pada malam 29 April di daerah Pigne d'Arola di Alpen Swiss.

Polisi mengatakan mereka menerima permintaan bantuan melalui telepon pada Senin, saat upaya pertolongan darurat dilakukan. Tujuh helikopter yang membawa dokter dan penjaga pantai kemudian dikirim ke lokasi.

Petugas penyelamat menemukan 14 orang, termasuk beberapa orang menderita hipotermia. Di antara pendaki yang tewas adalah orang yang diduga meninggal dunia karena jatuh.

Orang yang diselamatkan dibawa dengan menggunakan helikopter ke berbagai rumah sakit di Valais, kata polisi di dalam pernyataannya, menambahkan bahwa lima orang masih dalam kondisi serius, dan yang lain mengalami hipotermia sedang, namun nyawa mereka tidak terancam.

Penyelidikan awal kepolisian menunjukkan bahwa karena cuaca buruk yang tak terduga, para pendaki yang berkewarganegaraan Italia, Prancis, dan Jerman terpaksa berhenti dan menghabiskan malam pada ketinggian 3.270 meter, demikian menurut siaran kantor berita Xinhua. (Uu.C003)

Baca juga:
Lima pendaki Jerman tewas di Pegunungan Alpen
Jasad pendaki Inggris ditemukan di Alpen setelah 30 tahun

 

Pewarta: -
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018