Peringatan May Day di Karawang berjalan lancar sesuai dengan harapan."
Karawang (ANTARA News) - Kapolres Kabupaten Karawang AKBP Hendy F Kurniawan menyatakan kegiatan Hari Buruh Internasional atau May Day di daerahnya berlangsung aman dan kondusif.

"Peringatan May Day di Karawang berjalan lancar sesuai dengan harapan," katanya, di Karawang, Selasa.

Ia mengatakan, May Day di Karawang berlangsung lancar dan kondusif karena sebelumnya telah dibangun komunikasi antara berbagai pihak, termasuk dengan kalangan buruh.

Jajaran Polres bersama unsur TNI serta pemerintah kabupaten setempat juga bekerja sama untuk mendukung kegiatan May Day agar berjalan lancar.

Dalam memperingati May Day, ratusan buruh dari berbagai serikat pekerja bergabung dengan jajaran Muspida Karawang, seperti Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Ketua DPRD setempat Toto Suripto, Dandim dan Kapolres.

Bahkan Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto juga bergabung bersama buruh di areal kegiatan buruh, sekitar Lapangan Karangpawitan.

Di lapangan itu terdapat panggung hiburan. Ratusan buruh dihibur musik dangdut, dan mereka berjoget bersama dengan jajaran Muspida Karawang.

Di titik lain, yakni di areal parkir kantor DPRD Karawang juga terdapat sejumlah kelompok buruh yang memperingati May Day. Di areal parkir DPRD itu terdapat panggung hiburan.

Tetapi kegiatan panggung hiburan di areal parkir DPRD Karawang dinodai oleh sejumlah oknum buruh yang meminum minuman keras.

Sejumlah oknum buruh itu terlihat meminum minuman keras di halaman parkir ruang wartawan di gedung DPRD Karawang.

Dari dalam ruangan itu, para oknum buruh itu terlihat minuman keras. Kemudian, minuman keras itu dibagi-bagi ke dalam gelas plastik. Selanjutnya, mereka meminum minuman keras di depan ruangan tersebut.

Setelah melakukan aksi minum minuman keras, sejumlah oknum buruh itu bubar. Mereka meninggalkan "barang bukti" berupa botol whiskey serta dua jenis minuman kaleng yang digunakan untuk mengoplos.

Mereka yang telah meminum minuman keras itu kemudian bergabung dengan kerumunan buruh lainnya di depan panggung hiburan di areal parkir gedung DPRD Karawang. Mereka berjoget dan bernyanyi bersama merayakan May Day.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018