Bandung (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat telah menyerahkan hasil ujian nasional tingkat SMA, SMK, MA, dan SMALB tahun pelajaran 2017-2018 yang hasilnya akan diumumkan pihak sekolah Kamis 3 Mei eso.

Sekretaris Disdik Jabar Firman Adam, Rabu, menyatakan,UN jenjang SMA, MA, SMK, dan SMALB berjalan lancar dan lancar, apalagi UN tingkat SMA sederajat di Jawa Barat telah 100 persen berbasis komputer.

Dia menilai UNBK lebih efisien serta memudahkan siswa dalam mengerjakan soal ujian.

"Keberhasilan penyelenggaraan UN patut disyukuri oleh kita semua karena merupakan jerih payah dari semua pihak," ujar Firman dalam siaran tertulis, Rabu.

Setelah UN berakhir, kata dia, aset yang dimiliki sekolah berupa hibah komputer, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar sehari-hari sehingga tidak hanya dipergunakan untuk UNBK.

"Diharapkan komputer bisa digunakan dalam proses pembelajaran, tidak hanya untuk mata pelajaran TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi), akan tetapi seluruh proses pembelajaran," kata dia.

UN tingkat SMA di Jawa Barat diikuti 638.255 siswa. Jumlah siswa SMA yang melaksanakan UNBK ada 213.078 siswa, SMK sebanyak 314.547 siswa, MA sebanyak 67.339 siswa, dan paket C sebanyak 43.081. Sedangkan untuk SMALB yang melaksanakan UNKP sebanyak 210 siswa.

Baca juga: Standard HOTS untuk soal ujian akan terus diperkuat
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018