Karanganyar, Jawa Tengah (ANTARA News) - Tim gabungan dari berbagai instansi memeriksa uji layak fungsi jalan tol Solo-Kertosono di pintu gerbang tol Colomadu, Kabupaten Karanganyar, hingga Sragen, Kamis.

Tim gabungan ini mengecek fasilitas gerbang tol, fungsi alat pembayaran masuk, over pas, jembatan di jalur mulia dari gerbang masuk Colomadu Karanganyar hingga Sragen.

Manager Tehnik PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) Aryo Gunanto mengatakan tim dibagi tiga kelompok dan timnya memeriksa di setiap gerbang tol, sedangkan tim lain mengecek jembatan, jalur tol, over pas mulai jalur Karanganyar-Solo hingga Sragen yang berjarak sekitar 35 kilometer.

Aryo mengatakan timnya mengecek gerbang Tol Solo-Sragen ada empat pintu gerbang pembayaran di Gerbang Tol Colomadu Karanganyar, Gerbang Ngemplak Solo, Kebakkramat Karanganyar, dan Pungkruk Sragen.

Di sana mereka mencoba alat mesin pembayaan elektronik sudah berfungsi atau belum.  "Pembayaarn tol sekarang semua memakai kartu, tidak dengan uang kas lagi," katanya Aryo.

Baca juga: Tol Solo-Kertosono beroperasi Lebaran tahun ini

Tim ini terdiri dari petugas Bina Marga pusat, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Petugas Perhubungan Darat Pusat, dan Korlantas Mabes Polri.

"Kegiatan uji layak fungsi dilakukan selama dua hari yakni Kamis ini hingga Jumat (4/5)," katanya.

Tol ini akan dioperasikan sekitar pertengahan Mei ini atau sebelum Lebaran, namun masih menunggu laporan hasil uji layak fungsi hingga Jumat esok.

Menyinggung soal tari, Aryo mengungkapkan dia belum membahsanya karena yang menentukan pemerintah, dan nanti kalau sudah beroperasi akan dicantumkan dalam papan pengumuman di setiap gerbang tol.

Di jalan tol ini, dari Solo hingga Sragen,  ada sebuah rest area di kawasan Kematan Masaran Sragen, tipe A, yang masih dalam pengerjaan.

Baca juga: Tol Solo-Kertosono akan dongkrak ekonomi Soloraya

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018