Dua unit ekskavator juga diturunkan ke lokasi untuk menimalisir api agar tidak meluas ke lokasi yang lainnya ..."
Bengkalis (ANTARA News) - PT Sinar Mas Foestry mengerahkan dua helikopter jenis Bell 412 dan Superpuma PK-Dan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhitla)  di perbatasan antara Kabupaten Bengkalis dengan Kota Dumai, Provinsi Riau, Kamis.

"Saat ini tim regu dari perusahaan sudah turun ke lokasi bersama pihak TNI, Polri dan relawan untuk memadamkan lokasi lahan yang terbakar," ujar juru bicara Sinar Mas Forestry Wilayah Riau, Nurul Huda, ketika dikonfirmasi, Kamis.

Ia mengatakan perusahaan telah mengerahkan tim ke lokasi kebakaran melalui mitra PT Sakato Pratama Mandiri (SPM) dan PT Bukit Batu Hutani Alam.

Dia mengatakan lokasi kebakaran diduga terjadi di koordinat 1`33`19,05865 Lintang Utara dan 101 39`25.30508` Bujur Timur, sedangkan jarak kebakaran dengan lahan konsesi milik perusahaan sekitar 4,5 sampai 6 kilometer.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bukit Batu Komisaris Polisi Hendrik mengatakan kebakaran itu terjadi sejak dua hari lalu.

"Saya bersama Pak Danramil Bukit Batu sedang di lokasi saat ini, kita belum bisa memastikan lokasi yang terbakar ini masuk wilayah mana, akan tetapi dari titik koordinat masuk wilayah Dumai," katanya.

Selain itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 07 Bukit Batu Kapten Infanteri Parman Sugianto menyatakan bahwa upaya pemadaman api karhutla terus dilakukan untuk mencegah api tidak meluas dan dua unit alat berat juga diturunkan ke lokasi kejadian.

"Dua unit ekskavator juga diturunkan ke lokasi untuk menimalisir api agar tidak meluas ke lokasi yang lainnya, diperkirakan luas lahan yang terbakar sekitar tujuh hektar," katanya menambahkan.

Baca juga: BPBD: Puluhan hektare hutan terbakar di Dumai

 

Pewarta: Abdul Razak & Siti Zubaidah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018