Tallinn (ANTARA News) - Perjanjian investasi terbesar China di Estonia sejauh ini selesai pada Kamis, dengan akuisisi penuh dan perubahan struktur pemegang saham perusahaan perawatan pesawat yang bermarkas di Tallinn.

Diakuisisi senilai 43 juta euro (sekitar 51,43 juta dolar AS) dari nilai ekuitas, kesepakatan itu menjadikan Guangzhou Hangxin Aviation Technology milik China sebagai perusahaan induk dan investor bagi perusahaan pemeliharaan dan perbaikan pesawat strategis Magnetic MRO untuk memperluas kehadiran MRO globalnya.

Alo Ivask, Ketua Dewan Perusahaan Estonia, menyambut baik kesepakatan investasi dan memuji pertumbuhan cepat dan kualitas tinggi Magnetik MRO dalam beberapa tahun terakhir, seraya mengharapkan masa depan yang cerah bagi perusahaan setelah akuisisi yang dilakukan Hangxin.

Li Chao, duta besar Tiongkok untuk Estonia, menyebut kesepakatan akuisisi sebagai kemitraan kuat untuk mempromosikan dan memperdalam kerjasama bilateral, yang mengimplementasikan Belt dan Road Initiative.

Selama lima tahun terakhir, Magnetic MRO telah berkembang dari fasilitas pemeliharaan intensif tenaga kerja menjadi organisasi pemeliharaan dan manajemen aset Total Perawatan global, yang pemegang saham utamanya adalah perusahaan ekuitas swasta BaltCap.

Didirikan padah 1994 di Guangzhou, Provinsi Guangdong di Cina selatan, Hangxin adalah perusahaan swasta yang menyediakan jasa perawatan komponen pesawat terbang, solusi teknis di bidang teknik pesawat terbang dan keselamatan untuk industri penerbangan China. Demikian dilansir Kantor Berita Xinhua.

Baca juga: Pesawat penumpang buatan China terbang perdana

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018