Jakarta (ANTARA News) - Hamish Daud mengenal kekayaan ragam kopi Indonesia ketika mulai menjelajahi Tanah Air untuk pekerjaannya sebagai pembawa acara petualang dan kemudian jatuh cinta pada rasanya.

"Saya beneran mulai menggali dunia kopi sejak lima tahun lalu, sejak mulai traveling buat pekerjaan," katanya di Jakarta, Kamis (3/5).

Pria yang menjalani profesi sebagai arsitek, presenter dan aktor itu kemudian belajar mengenali rasa khas kopi dari daerah-daerah di Indonesia. Dia juga belajar tentang kopi dan sejarahnya dari orang-orang asli daerah yang dia datangi.

"Saya baru discover (menemukan) di Indonesia banyak macam kopi dengan rasa yang berbeda-beda," katanya.

"Lama-lama bisa bedain rasa kopi Toraja, Sumatera, Jawa, robusta, arabika... Ada yang lebih smooth, ada yang beneran...(menarik nafas dengan gaya terkejut) jantung seperti mau meledak," lanjut Hamish, yang biasa memulai hari dengan menikmati kopi.

Dia menilai semua kopi Indonesia istimewa, menyebutnya punya banyak lapisan rasa yang memanjakan lidah. "Itu sering didapatkan di kopi Indonesia, makanya orang luar banyak yang cari kopi Indonesia," katanya.

Namun jenis kopi yang menempati posisi teratas dalam daftarnya adalah kopi asal Toraja dan Flores, yang menurut dia rasanya konsisten.

Baca juga: Alasan Hamish Daud cuma suka kopi hitam
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018