New Delhi (ANTARA News) - Superstar Bollywood India Sridevi Kapoor memenangkan penghargaan aktris nasional terbaik tahun ini untuk perannya dalam film terakhirnya, Mom, sebuah film thriller balas dendam.

Penghargaan Film Nasional yang didambakan India itu diberikan oleh Presiden Ram Nath Kovind di ibukota negara, Kamis malam.

Suami sekaligus produser filmnya Boney Kapoor dan dua putrinya menerima penghargaan atas nama Sridevi yang meninggal di sebuah hotel di Dubai pada Februari lalu di usia 54 tahun.

"Sridevi akan sangat bahagia hari ini. Kami merindukannya, ini adalah momen yang sangat membanggakan pada saat yang sama," kata Boney, kepada media.

Dalam film Mom, Sridevi berperan sebagai guru sekolah dan seorang ibu yang bertekad membalas dendam atas pemerkosaan putri  remajanya oleh beberapa pria, termasuk salah seorang temannya.

Kematiannya yang tiba-tiba di hotel mewah di Dubai tempat ia menghadiri pernikahan keluarga mengejutkan industri film negeri itu.

Meskipun laporan awal mengklaim dia telah meninggal karena serangan jantung, polisi Dubai kemudian mengklarifikasi bahwa kematiannya adalah karena tenggelam tanpa disengaja setelah kehilangan kesadaran.

Sridevi memulai debutnya sebagai artis anak dengan film Tamil 1967 Kandan Karunai pada usia empat tahun. Dalam 50 tahun karirnya, ia membintangi film India selatan, selain Bollywood.

Sridevi menduduki menjadi satu di antara para aktor dan aktris dengan bayaran tertinggi pada 1980-an dan 1990-an dan dianggap sebagai superstar perempuan pertama di bioskop India. Demikian dilansir Kantor Berita Xinhua.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018