Brussel (ANTARA News) – Uni Eropa (UE) meluncurkan rencana bagi ribuan warga Eropa yang berusia 18 tahun untuk melakukan perjalanan di dalam blok itu dengan gratis musim panas ini, sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan Uni Eropa.

Berdasarkan program DiscoverEU, 15.000 pemuda Uni Eropa bulan depan dapat mengajukan permohonan untuk menaiki kereta api, bus, dan kapal feri secara gratis dan dalam beberapa kasus tiket pesawat untuk melakukan perjalanan di dalam blok itu.

“Rencana tersebut diharapkan akan memberikan peluang bagi 15.000 pemuda untuk melakukan perjalanan ke seluruh Eropa musim panas ini,” ujar Komisi Eropa melalui badan eksekutif Uni Eropa.

Rencana itu akan membantu mereka menemukan warisan budaya yang kaya di benua itu, berhubungan dengan orang lain, belajar dari budaya lain dan dengan demikian menemukan hal yang menyatukan Eropa.

Proyek yang diusulkan oleh Parlemen Eropa membutuhkan anggaran 12 juta euro (sekitar Rp200,5 miliar).

Mereka yang dipilih akan dapat melakukan perjalanan sampai 30 hari dan melakukan kunjungan antara satu sampai empat tujuan asing di dalam Eropa.

Permohonan akan diterima selama periode dua pekan pada Juni 2018 melalui Portal Pemuda Eropa (European Youth Portal/EYP).

Juri kemudian akan memilih 15.000 penerima pertama sebelum putaran kedua aplikasi diluncurkan akhir tahun ini, yang tergantung pada berapa banyak uang yang tersisa dan umpan balik dari peserta. Demikian dilansir Kantor Berita AFP.

Penerjemah: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018