Bogor (ANTARA News) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Bogor, Jawa Barat, telah memasang 17 unit stasiun pengisian listrik umum (SPLU) yang ditempatkan di sejumlah taman.

"Sejak 2017 lalu pemasangan dimulai, kini sudah ada 17 SPLU yang terpasang di sejumlah taman, minimal satu lokasi ada dua SPLU," kata Manager PLN area Bogor, Widodo, kepada Antara, Jumat.

Widodo menjelaskan SPLU merupakan program layanan PLN kepada masyarakat yang dapat digunakan secara cuma-cuma atau gratis tidak dipungut bayaran.

SPLU dapat digunakan sebagai pencatu daya telepon genggam, laptop, motor listrik, atau bagi pedagang kaki lima yang berjualan, dan bisa juga untuk kegiatan yang ada di taman tersebut.

Lokasi taman yang telah dipasangan SPLU yakni Taman Sempur, Taman Ceramai, Taman Heulang, Komplek IPB, Sukasari, Keradenan dan Batutulis.

Sementara itu, untuk mendorong tingkat pemanfaatan listrik di masyarakat, PLN area Bogor melakukan sosialisasi penggunaan sepeda motor listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Selain itu juga dilakukan demo masak menggunakan peralatan kompor induksi listrik yang telah terstandarisasi, dan lebih hemat dari sisi ekonomi, dibanding penggunaan gas.

"Kompor listrik ini selain aman, tidak panas sisi kiri kanannya, karena fokus memanaskan objek yang dimasak, sehingga lebih aman dan hemat," kata Widodo.

Baca juga: PLN pasang SPLU sambut era kendaraan listrik

Baca juga: PLN sediakan 542 Stasiun Pengisian Listrik Umum di Jakarta


Manager Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Jawa Barat, Heri Zulkarnain mengatakan, sosialisasi dan kampanye yang dilakukan PLN mengenalkan penggunaan motor listrik dan kompor induksi adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang kelistrikan.

"Intinya energi listrik jauh lebih murah dan efisien, serta ramah lingkungan. Untuk pengisian dayanya juga gampang sudah ada SPLU," kata Heri.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018