Saya berharap melakukan beberapa diskusi produktif tentang bagaimana kita dapat meningkatkan kerja sama ..."
London (ANTARA News) - Wali Kota Korporasi London Charles Bowman akan memimpin delegasi bisnis Inggris untuk berkunjung ke Indonesia guna menjajaki berbagai kerja sama antara kedua negara, termasuk Bursa Efek Indonesia, meluncurkan Komodo Bond yang sudah masuk dalam bursa London sekaligus mempromosikan Ibu Kota Kerajaan Inggris sebagai penghubung utama di luar Asia untuk obligasi berdenominasi rupiah.

Bowman kepada ANTARA News di ruang kerjanya, London, mengakui penuh antusiasme mengunjungi Indonesia dan berharap Inggris akan banyak membantu Indonesia, khususnya dalam bidang financial technology (fintech).

Selama di Indonesia, ia menjadwalkan bertemu sejumlah pejabat di Indonesia, termasuk Menteri Keuangan, dan berdiskusi dengan pemimpin perusahaan dan bisnis guna membahas bagaimana Inggris dapat membantu dalam pembiayaan infrastruktur, keuangan terkait lingkungan hidup dan perusahaan finansial berbasis teknologi (fintech).

Ia bakal mengunjungi Indonesia pada 6--9 Mei 2018 dalam rangkaian kunjungan kerja ke kawasan Asia Tenggara.

Sebagai Wali Kota Korporasi di London (Lord Mayor of London), Bowman berperan untuk bertemu dengan perwakilan pemerintah dari seluruh dunia, mencari untuk memperkuat hubungan ekonomi dengan Inggris, mengidentifikasi peluang bisnis baru dan memposisikan Inggris sebagai tujuan global teratas untuk investasi asing.

Charles Bowman, yang menjadi Wali Kota Korporasi Kota London ke-690 menggantikan Andrew Parmley, juga dijadwalkan berkunjung ke Singapura untuk mempromosikan kerja sama yang lebih besar antara Inggris dan Asia Tenggara.

Ia menilai Asia Tenggara adalah salah satu kawasan yang paling menarik dan dinamis di dunia, rumah bagi hampir 10 persen dari populasi global dan dengan gabungan dari nominal produk nasional bruto (GDP) hampir 2,8 triliun dolar Amerika Serikat (AS).

"Kunjungan saya ke Singapura dan Indonesia, dua dari negara utama negara ASEAN, di mana Inggris menegaskan kembali posisinya di panggung dunia sebagai negara perdagangan global. Saya berharap melakukan beberapa diskusi produktif tentang bagaimana kita dapat meningkatkan kerja sama dan memperkuat hubungan antara London dan kawasan ASEAN yang berkembang cepat, secara kolektif sebagai peringkat ekonomi terbesar keenam di dunia," ujarnya.

Dalam kapasitasnya sebagai duta global untuk sektor keuangan dan profesional Inggris, Bowman ke Singapura juga ingin mengetahui dan menjajaki bagaimana negerinya dapat bekerja sama lebih lanjut di berbagai bidang, termasuk fintech dan keamanan siber.

Tahun ini Singapura menjadi ketua dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yang termasuk pemain pasar utama secara global.

Selama kunjungan ke Jakarta, alumni jurusan arsitektur di Universitas Bristol itu akan memberikan beasiswa kepada seorang siswa luar biasa sebagai bagian dari skema dari Mansion House sebagai kantor Wali Kota Korporasi London, bangunan yang dibangun pada 1739.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018